Lebih Dekat Aplikasi Outlook Baru Untuk Windows 11 Dengan Efek Mica

Lebih Dekat: Aplikasi Outlook Baru Untuk Windows 11 Dengan Efek Mica

NESABAMEDIA.COMMicrosoft berhasil mengatasi masalah browser web di Windows dengan memindahkan Edge berbasis HTML ke mesin Chromium. Kini mereka menerapkan strategi yang sama untuk aplikasi Outlook dan telah meluncurkan klien email baru baik untuk Windows 11 dan 10 melalui saluran Office Insider. 

Sebagai informasi, Windows saat ini mendukung dua klien email Outlook, yakni versi aplikasi UWP yang terpasang pra-install dan versi Win32 yang dibundel dengan paket Microsoft Office. Bukan rahasia lagi jika Microsoft kesulitan dalam mengelola dua versi Outlook ini. 

Versi UWP misalnya, kekurangan banyak sekali fitur jika dibandingkan dengan versi penuh. Menurut sumber yang diterima nesabamedia.com, Microsoft telah memindahkan aplikasi UWP Mail ke mode maintenance, yang artinya pengguna sebaiknya tidak berharap akan adanya peningkatan baru ke versi ini. 

Aplikasi Outlook yang baru untuk Windows 11 tampaknya berbasis pada WebView Edge Chromium dan ini adalah sebuah pembungkus web. Namun, Outlook adalah sebuah aplikasi web yang didesain dengan baik dan banyak pengguna yang tidak sadar bahwa sebenarnya itu adalah aplikasi web. 

Versi ini hadir dengan semua fitur yang bisa anda harapkan dari sebuah aplikasi modern, termasuk kemampuan untuk menemukan dokumen dengan memakai perintah @files dan @documents. Ini mirip dengan fitur yang sudah ada yang memungkinkan anda menyebut nama seseorang dan menambahkannya ke sebuah pesan email. 

Ada fitur baru lainnya yang akan mengingatkan anda ketika anda mungkin melewatkan pesan dan Outlook menganggap itu hal penting. Kemudian juga terdapat integrasi kalender bawaan, yang artinya anda tidak lagi perlu mengelola aplikasi kalender secara terpisah. Antarmukanya memungkinkan anda untuk mengelola hal-hal yang paling penting dan mengaturnya dalam satu tampilan.

Menariknya, Microsoft tampaknya juga mengerjakan material Mica untuk Outlook. Namun untuk saat ini, kemungkinan ini hanya bisa dilakukan dengan mengatur Registry. Tentu saja, memungkinkan juga bahwa Microsoft akan menerapkan material Acrylic dari Fluent Design. Faktanya, menu konteks pada browser Edge telah mendukung efek transparan semacam ini.

Selain desain baru, Microsoft juga menambahkan integrasi ‘My Day’ yang membantu anda tetap terhubung dengan topik penting, sementara anda tetap bekerja. Anda bisa dengan mudah melakukan drag and drop pesan ke aplikasi To-Do, atau mengelola tugas anda di kalender.

Perlu dicatat bahwa peningkatan antarmuka tambahan untuk aplikasi Mail juga akan dikirimkan akhir tahun ini, dan beberapa fitur baru akan ditambahkan melalui pembaruan di sisi server. Untuk saat ini, fokus Microsoft masih dialihkan untuk masalah desain dan aksesibilitas terlebih dahulu.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend