10 Macam-Macam Software dan Fungsinya Lengkap dengan Penjelasannya

Aplikasi atau software pasti akan dibutuhkan dalam setiap perangkat elektronik seperti smartphone, komputer dan laptop. Adanya aplikasi ini dapat menunjang kemampuan perangkat elektronik dalam menjalankan fungsinya.

Jika perangkat elektronik tidak dilengkapi dengan aplikasi atau software, maka sama halnya dengan perangkat elektronik pada zaman dahulu yang memiliki kemampuan terbatas. Sehingga dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut, fungsi perangkat elektronik dapat dimaksimalkan dan digunakan untuk membantu kebutuhan penggunanya.

Aplikasi atau software memiliki beragam macamnya dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sehingga tidak semua aplikasi harus diinstall pada masing-masing perangkat elektronik.

Macam-Macam Software dan Fungsinya

Berikut merupakan penjelasan mengenai beberapa macam-macam software atau aplikasi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Software Antivirus

Macam-Macam Software Antivirus

Software antivirus merupakan software yang digunakan untuk melindungi perangkat dari virus. Dimana, tujuan dari software ini adalah untuk mengamankan, mendeteksi dan menghapus virus dari perangkat komputer yang kita miliki.

Penting untuk memiliki software antivirus pada setiap perangkat komputer. Mengapa? Karena adanya virus-virus ini dapat merusak data yang tersimpan dalam perangkat komputer, sehingga data tersebut bisa dicuri atau dihapus. Sehingga dengan adanya software antivirus yang sudah terinstall dalam perangkat kita akan mempermudah software antivirus untuk mendeteksi apakah komputer atau perangkat terinfeksi virus atau tidak.

Contoh software antivirus yang bisa digunakan adalah Avast Free Antivirus, Bitdefender Antivirus Free Edition, Avira Free Antivirus, Kaspersky Free Antivirus, AVG Free Antivirus, dan 360 Total Security, dan masih banyak contoh software antivirus lain yang bisa anda gunakan dengan mudah.

2. Software Perkantoran

Software Perkantoran

Software perkantoran sering kali dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan dikantor. Tidak hanya itu saja, software ini juga digunakan dalam berbagai bidang.

Software perkantoran biasanya terdapat dalam satu paket sehingga terdapat banyak fungsi yang bisa dilakukan. Seperti presentasi, pengolahan data, pembuatan dokumen, grafis, hingga komunikasi. Salah satu vendor software perkantoran yang banyak digunakan adalah Microsoft.

Microsoft menyediakan beragam software perkantoran dengan masing-masing fungsi dan tujuannya. Sehingga dalam satu paket yang disediakan oleh Microsoft sudah mencapai semua software aplikasi perkantoran yang dibutuhkan, seperti MSs Excell, Ms Word, Ms PowerPoint, Ms Outlook, dan lain sebagainya.

3. Software Video Editor

Macam-Macam Software Video Editor

Softwaer video editor digunakan untuk mengedit video. Tujuannya adalah agar video yang dihasilkan menarik dan sesuai dengan keinginan. Sehingga video editor ini cukup populer dibanyak kalangan masyarakat.

Terutama bagi mereka yang memang bekerja dalam bidang video editor, videografis, dan semacamnya. Sehingga kemampuan menggunakan software video editor saat ini banyak digemari karena banyak hal yang bisa dilakukan dengan melalui video.

Contoh software video editor yang mudah hingga advance yang banyak digunakan adalah Camtasia Studio 8, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas, Windows Movie Maker, Corel Video Studio X7, Cyberlink PowerDirector, Lightworks, OpenShot dan sebagainya. Masih banyak software video editor yang bisa digunakan dengan mudah. Pengunaan software video editor ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan spesifikasi perangkat yang anda miliki.

4. Software Browser

Software Browser

Software browser atau yang biasa disebut dengan mesin pencari (search engine). Software browser ini banyak digunakan dan dibutuhkan dalam mencari informasi menggunakan google salah satu contohnya. Dengan menggunakan browser, segala informasi yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. Hanya dengan menggunakan perangkat yang tersedia dan jaringan internet.

Software browser yang banyak digunakan adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera dan lain sebagainya. Penggunaan software browser ini dapat disesuaikan dengan kebiasaan anda dalam mencari informasi dan menggunakan software. Sehingga tidak ada batasan dan larangan untuk menggunakan software browser tertentu.

5. Software Desain Grafis

Software Desain Grafis

Desain grafis menjadi salah satu profesi yang cukup menantang, karena dengan ini anda dapat menyalurkan seni dan kreatifitas masing-masing melalui desain grafis yang akan dibuat.

Dengan dibantu oleh teknologi desain grafis dapat dilakukan dengan menggunakan software atau aplikasi. Banyak software desain grafis yang dapat digunakan dengan mudah, bahkan oleh pemula. Sehingga tidak ada batasan penggunaan software desain grafis.

Contoh software desain grafis yang banyak digunakan adalah Corel Draw, Photoshop, Adobe Ilustrator, Inkscape, Adobe InDesign dan bergam software desain lainnya.

6. Software Jaringan

Macam-Macam Software Jaringan

Software jaringan adalah software yang digunakan untuk memantau segala aktifitas yang berhubungan dengan komunikasi jaringan antar device yang terhubung. Sehingga dengan melalui software jaringan, segala aktifitas dan komunikasi dilakukan dapat dipantau dengan jelas.

Hal ini bisa digunakan untuk memantau apakah terdapat tindakan yang tidak seharusnya dilakukan atau tidak. Tidak hanya itu saja, dengan adnaya software ini mua komputer atau host yang terhubung dapat diketahui informasinya, sehingga keamanan penggunaan data dapat dipantau melalui software jaringan.

Contoh software jaringan yang sering digunakan adalah Microsoft Network Monitor, Nmap, WireShark, Angry IP Scanner, Dude, Open NMS, dan software lainnya.

7. Software Audio Editor

Software Audio Editor

Software aduio editor adalah jenis software yang digunakan untuk menghasilkan kualitas audio yang terbaik. Sehingga audio ini dapat digunakan untuk melengkapi video, lagu, musikalisasi, atau recorder lainnya.

Dengan adanya audio berkualitas tinggi, akan meningkatkan kepuasan pengguna dalam mendengarkan audio tersebut. Sehingga diperlukan software audio editor untuk menghasilkan kualitas audio yang baik tersebut.

Beberapa contoh software audio editor diantaranya adalah Adobe Audition (Khusus Windows dan MacOS), Ableton Live, Audacity, Reaper, Cubase, dan Presonus Studio One, serta software audio editor lainnya.

8. Software Akuntansi

Software Akuntansi

Software akuntansi merupakan bagian dari software perkantoran yang banyak digunakan. Namun bedanya adalah lebih ke permasalahan akuntansi. Software akuntansi difokuskan untuk mengumpulkan semua transaksi yang dilakukan, dan akhirnya dibutuhkan untuk laporan keuangan perusahaan.

Tidak hanya perusahaan, melainkan berbagai organisasi juga memerlukan software akuntansi untuk mempermudah perhitungan keuangan mereka. Contoh dari software akuntansi adalah Myob Accounting, Zahir Accounting, Accurate, Equip dan SAP.

9. Software Downloader

Software Downloader

Software downloader digunakan untuk mempermudah kita sebagai pengguna dalam melakukan download pada suatu file atau data tertentu. Sehingga proses mendownload data atau file lebih cepat dan mudah dilakukan.

Banyak cara agar dapat melakukan proses download yang cepat. Salah satunya dengan menggunakan software downloader ini. Contoh dari software downloader yang sering digunakan adalah IDM, Free Download Manager, EagleGet, Folx, FlashGet, Download Accelerator Plus, dan lain sebagainya.

10. Software PDF Reader

Macam-Macam Software PDF Reader

Dokumen dalam bentuk PDF membutuhkan software khusus agar dokumen tersebut dapat dibaca. Sehingga penggunaan software PDF reader sangat dibutuhkan bagi setiap orang yang memiliki dokumen beresktensi PDF. Dengan adanya software PDF reader ini pengalaman dalam membaca, mengedit (menandai) dokumen, dan mengirim dokumen menjadi lebih mudah.

Beberapa contoh software PDF reader yang dapat digunakan secara bebas adalah Adobe Acrobat DC, Foxit PhantomPDF, Soda PDF Anywhere, Nuance Power PDF, Perfect Ultimate PDF, PDF Xchange Editor, Foxit Reader dan bahkan software browser.

Adanya beragam software aplikasi ini dapat memudahkan pengguna dalam melakukan beragam aktifitasnya. Sehingga dimanapun dan kapanpun pengguna menjalankan aktifitasnya tidak akan terganggu karena tidak adanya aplikasi atau software yang mendukung. Karena hal tersebut sudah dijelaskan bahwa software aplikasi memiliki beragam macamnya dan fungsinya.

Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan dapat memaksimalkan masing-masing aktifitasnya. Semoga dengan adanya informasi macam-macam software / aplikasi ini dapat mempermudah anda dalam menemukan dan menggunakan software aplikasi yang anda butuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend