• Our Partners:

Lebih Produktif Dengan Windows 10

Menjadi Lebih Produktif Dengan Memanfaatkan Fitur Windows 10

NESABAMEDIA.COMSaat ini pekerjaan kantoran kebanyakan memanfaatkan keberadaan perangkat PC atau Laptop sebagai sarana dan fasilitas. Rata-rata juga telah menggunakan sistem operasi berbasis Windows 10.

Dengan sejumlah fitur dan aplikasi terbaru, pekerja pun dituntut untuk bisa lebih produktif dalam bekerja dengan memanfaatkan perangkat berbasis Windows 10 itu. 

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan para pekerja kantoran yang menggunakan perangkat Windows 10, agar bisa lebih produktif dengan memanfaatkan fitur dan aplikasi yang ada di perangkat PC atau Laptop tersebut.

Membuat To-Do List Menggunakan Sticky Notes

Ada baiknya mengawali rutinitas tugas harian dengan membuat semacam daftar tugas. Dengan demikian, tugas yang harus dikerjakan bisa diatur dan terjadwal, sehingga alur pekerjaan bisa dilakukan secara lancar dan tidak semrawut. 

Aplikasi bawaan Windows 10, Sticky Notes bisa anda gunakan dalam hal ini. Secara tampilan aplikasi ini mirip Notepad, namun mampu berada di tampilan paling atas pada desktop, sehingga pengguna bisa memantau to-do list yang sudah dibuat dengan mudah.

Dan tentunya, Sticky Notes tidak akan menimbulkan sampah kertas, seperti teknik lama yang dilakukan dengan menempel catatan pada layar monitor.

Atur Tab Halaman Dengan Snap

Seringkali saat mengerjakan sebuah tugas, waktu pengguna banyak terbuang dengan harus berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Untuk mengatasinya, pengguna bisa memanfaatkan fitur Snap.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka halaman dan aplikasi di perangkat Windows, dan menampilkannya secara bersamaan dalam mode split. Terbuka secara separuh halaman atau sebagian, tergantung dari kebutuhan pengguna. Tentunya hal ini jauh lebih efisien, daripada harus terus memencet Alt+Tab untuk berganti halaman.

Mematikan Notifikasi Mengganggu

Fitur yang diharapkan bisa membantu pengguna saat menggunakan aplikasi atau fitur yang ada pada Windows 10, nyatanya justru menjadi sangat mengganggu. Notifikasi bantuan ini muncul secara terus menerus, dan malah membuat pekerjaan semakin kacau. 

Misal ketika Windows Defender selesai melakukan proses scanning, maka akan muncul notifikasi bahwa aplikasi tersebut sukses mengamankan perangkat anda. Padahal, perangkat yang anda miliki memang sama sekali tidak ada virusnya. 

Untungnya, pada halaman pengaturan Windows 10, pengguna bisa mematikan notifikasi yang mengganggu ini. Terlebih, masing-masing aplikasi bisa diatur sendiri agar bisa memunculkan notifikasi atau tidak.

Mengganti Ke Mode Gelap

Ketika terlalu lelah seharian mengerjakan tugas di depan layar monitor, ada baiknya pengguna untuk mengganti tampilan layar Windows 10 dengan mode yang lebih ramah di mata. Khususnya ketika sudah larut malam dan mata mulai lelah. 

Fitur Dark Mode, akan membuat mata menjadi ringan saat memandangi layar monitor, dan bagian yang difokuskan akan menjadi lebih terang. Sehingga bagian-bagian tab, taskbar dan toolbar akan menjadi gelap dan tidak begitu mengganggu konsentrasi.

Leave a Reply

Send this to a friend