Microsoft Kirimkan Perbaikan Darurat Untuk Start Menu Windows 11 Yang Bermasalah

Microsoft Kirimkan Perbaikan Darurat Untuk Start Menu Windows 11 Yang Bermasalah

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengirimkan perbaikan sebuah masalah umum yang menyebabkan Start Menu di beberapa perangkat Windows 11 tidak bisa berfungsi dengan seharusnya, setelah memasang pembaruan teranyar. Masalah ini hanya berdampak pada perangkat yang menjalankan Windows 11 versi 21H2, dan ini diketahui pada hari Jumat pekan lalu, setelah Microsoft menerima laporan dari pengguna bahwa masalah Start Menu mempengaruhi sejumlah sistem. 

“Beberapa perangkat dilaporkan tidak bisa membuka Start Menu, setelah memasang pembaruan yang dirilis tanggal 23 Juni 2022 lalu atau yang terbaru. Setelah memasang pembaruan KB5014668 atau yang lebih baru, kami mendapatkan laporan bahwa beberapa perangkat mungkin tidak bisa membuka Start Menu. Pada perangkat yang terdampak, mengklik atau memilih tombol Start atau menggunakan kunci Windows di keyboard mungkin tidak memberikan respon apa-apa,” jelas Microsoft dalam Windows Health Dashboard.

Perbaikan masalah Start Menu Windows 11 itu diperbaiki Microsoft dengan menggunakan metode Known Issue Rollback (KIR), sebuah kemampuan dari Windows yang membantu menghilangkan bug pada Windows dengan perbaikan non-keamanan yang dikirimkan melalui Windows Update. 

Setelah dikirimkan melalui KIR, perbaikan biasanya baru mencapai pelanggan umum dalam kurun waktu 1×24 jam. Pengguna juga bisa mempercepat proses penerapan KIR itu dengan merestart perangkat yang terdampak. 

Sementara itu, admin IT harus memasang dan mengkonfigurasi Group Policy KIR tertentu, yang terkait dengan versi sistem Windows untuk mengatasi masalah umum ini di perangkat bisnis yang terdampak. 

“Group Policy khusus ini bisa ditemukan di Computer Configuration → Administrative Templates → KB5014668 220721_04201 Known Issue Rollback → Windows 11, “ tambah Microsoft.

Anda bisa mengunduh Group Policy KIR KB5014668 220721_04201 untuk Windows 11 versi 21H2 melalui tautan berikut ini.

Prosedur yang dibutuhkan untuk menerapkan KIR melalui Group Policy membutuhkan navigasi ke Local Computer Policy atau Domain Policy di pengendali domain pengguna menggunakan Group Policy Editor untuk memilih versi Windows yang dijadikan target.

Detail untuk bagaimana menerapkan dan mengkonfigurasi KIR Group Policies tersedia pada website dukungan Microsoft berikut ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend