• Our Partners:

Microsoft Peringatkan Masalah Pencetakan di Windows 10, Berdampak Ke Printer USB

Microsoft Peringatkan Masalah Pencetakan di Windows 10, Berdampak Ke Printer USB

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengeluarkan peringatan kepada pengguna terkait pembaruan Windows 10 yang dikirimkan sejak tanggal 28 Juni lalu, yang akan memicu masalah pencetakan di perangkat yang terhubung menggunakan USB. 

“Microsoft telah menerima beberapa laporan yang mempengaruhi sejumlah perangkat pencetakan, setelah pemasangan pembaruan Windows yang dirilis pada tanggal 28 Juni lalu, KB5014666 atau yang lebih baru,” terang Microsoft. 

Platform yang terdampak itu antara lain adalah Windows 10 versi 20H2, 21H1 dan 21H2, serta Windows Server versi 20H2. 

Gejala yang dilaporkan oleh pengguna dan disorot oleh Microsoft termasuk aplikasi yang merujuk ke printer yang menggunakan nama tertentu yang tidak dapat mencetak dan Windows menunjukkan salinan duplikat dari printer yang dipasang dengan nama yang mirip dan akhir “Copy1”. 

“Penggunaan printer normal mungkin terganggu untuk kedua skenario, yang mengakibatkan kegagalan operasi pencetakan. Kami saat ini sedang menyelidiki dan akan memberikan pembaruan ketika lebih banyak informasi tersedia,” tambah Microsoft.

Pihaknya juga meminta pengguna yang mengalami masalah terkait pencetakan ini atau yang serupa pada sistem dengan printer yang terhubung ke USB, untuk mengajukan laporan melalui Feedback Hub di kategori Issue → Devices and Driver → Print, dengan memilih opsi ‘Buat bug baru’ di kategori ‘Find similar feedback’. 

Di saat Microsoft masih mengerjakan perbaikan untuk masalah yang diketahui baru-baru ini, mereka juga memberikan solusi kepada pelanggan yang terdampak, yang akan membantu mereka memulihkan fungsi pencetakan di perangkat mereka untuk sementara waktu, sampai perbaikan penuh dikirimkan.

Tindakan yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah tersebut seperti:

  • Buka aplikasi Settings → Bluetooth & Devices dan pilih Printer & Scanner.
  • Jika di sana muncul duplikat pemasangan dari printer yang sudah ada, seperti sesuatu dengan suffix Copy1, pastikan apakah pencetakan berfungsi dengan printer ini. Printer ini harus bisa beroperasi seperti yang diharapkan.
  • Jika anda ingin menggunakan pemasangan printer asli dan bukan duplikat, klik kanan pada printer duplikat, pilih Printer Properties, dan pilih tab Port. Perhatikan Port yang digunakan.
  • Dari daftar yang ditampilkan, pilih opsi port yang digunakan oleh printer duplikat. Printer duplikat bisa dihapus jika printer yang asli bekerja dengan benar.

Jika cara di atas belum bisa menyelesaikan masalah, anda bisa mencoba memperbarui driver printer terlebih dahulu, atau menghubungi layanan dukungan dari pabrikan printer anda.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend