Microsoft Mulai Uji Desain Baru OneNote Terpadu Windows 11

Microsoft Mulai Uji Desain Baru OneNote Terpadu Windows 11

NESABAMEDIA.COMPada bulan Agustus 2021 lalu, Microsoft berjanji bahwa OneNote di Windows 10 dan Windows 11 akan mendapatkan serangkaian pembaruan fitur utama dalam beberapa bulan mendatang. Ini sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memadukan beberapa versi dari aplikasi menjadi sebuah klien. 

OneNote telah mendapatkan banyak sekali perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2018, ketika Microsoft ingin agar pengguna mau memakai versi UWP dari OneNote, mereka berhenti membundel versi original dan versi kaya fitur dari OneNote dengan aplikasi Office. Mereka justru menawarkan klien UWP dan menambahkan banyak fitur baru ke versi modern saja.

Microsoft kemudian menarik keputusannya dan mulai mengirimkan fitur baru ke klien Win32 juga. Pengguna yang memilih fitur ketimbang UWP dan desain dari aplikasi, kecewa dengan cara Microsoft memperlakukan klien Win32, dan mencoba meyakinkan Microsoft untuk mulai menggabungkan versi Win32 di Office 2019 atau 365. 

Hasilnya, pengguna mendapatkan dua aplikasi OneNote, yakni versi asli Win32 yang bernama OneNote dan versi UWP yang menggunakan nama OneNote for Windows 10. Baik versi Win32 maupun UWP rupanya tidak mendapatkan pengembangan signifikan dalam beberapa bulan terakhir, karena Microsoft kesulitan untuk mengelola kedua aplikasi itu. 

Microsoft akhirnya menyerah pada versi UWP dari OneNote, dan mengkombinasikan kedua aplikasi untuk memperbarui versi Win32 yang sudah ada dengan fitur dan desain baru. 

Selama beberapa hari terakhir, Microsoft rupanya secara diam-diam mulai mengirimkan bagian awal dari desain OneNote yang baru ke pengguna yang bergabung dalam program Beta. Pembaruan itu menawarkan layout antarmuka navigasi yang baru untuk sidebar, termasuk juga penyegaran visual untuk membuatnya selaras dengan desain Windows 11

Sidebar yang baru, mengekspos semua bagian dan notebook secara default, dan kemampuan sinkronisasi telah ditingkatkan besar-besaran. Aplikasi juga memiliki tampilan ujung membulat, namun tidak ada tanda mengenai fitur sentuhan dan dukungan pena yang sebelumnya menjadi bagian dari versi UWP. 

Perlu dicatat bahwa Microsoft masih mengerjakan desain ulang dari versi terpadu OneNote ini, dan ini mengindikasikan bahwa akan ada lebih banyak perubahan desain yang ditawarkan nantinya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend