Microsoft

Microsoft Rayakan 15 Tahun OneDrive, Desain dan Fitur Baru

NESABAMEDIA.COM – Microsoft kini merayakan hari ulang tahun dengan OneDrive, yang telah menginjak usia 15 tahun sejak awal peluncurannya. Microsoft telah membuat desain dari dari Landing Page mereka, yang kini disebut sebagai OneDrive Home. Memudahkan semua pengguna untuk tetap mengakses pekerjaan mereka di menu utama OneDrive, Rabu (10/08).

Ketika pengguna mengakses layanan OneDrive, penyimpanan digital dari Microsoft. Pengguna akan merasakan perbedaan tampilan dan fitur yang ditawarkan, seperti ketika mengakses layanan Microsoft Office.

Microsoft OneDrive akan memberikan daftar berkas yang baru saja Anda unggah, serta memberikan sentuhan lebih rapi untuk daftar berkas yang pernah Anda akses dan buka dalam waktu dekat. Serta menambahkan fitur yang dapat melihat berkas berdasarkan format, sebut saja dengan menyaring berkas berdasarkan format PDF, Word, Excel, PPT, dan lainnya.

OneDrive New Look

Tampilan Baru OneDrive yang akan datang

Pada bagian kiri layanan OneDrive, pengguna dapat melihat nama akun serta terdapat empat jenis fitur di bawahnya. Mulai dari Home, My Files untuk melihat daftar berkas yang Anda miliki, Shared untuk membagikan kepada pengguna lainnya, hingga Recyle Bin untuk melihat daftar berkas yang telah dihapus.

Menariknya, ada fitur baru yang diberi nama “Activity”, yang memberikan akses kepada pengguna untuk melihat dokumen yang diberikan komentar. Pengguna juga dapat menambahkan komentar dengan menyebutkan nama pengguna OneDrive lainnya, melalui simbol @.

Pada bagian terakhir di Dashboard, pengguna diberikan akses untuk membuat daftar folder Quick Access. Pengguna dapat menandai folder mana saja yang sering diakses sehari-harinya, sehingga ketika ingin membukanya dapat langsung diakses dengan mudah. Sekilas, fitur ini bahkan sangat mirip dengan fitur yang sama di Windows Explorer.

Sayangnya, pengguna belum dapat menggunakan fitur ini sekarang. Microsoft menyatakan bahwa perubahan pratinjau dan fiturnya akan dirilis pada bulan September mendatang. Dilihat dari perubahan UI, nampaknya halaman utama OneDrive ini akan menjadi halaman yang berguna untuk mengakses semua pekerjaan yang disimpan.

Dibalik banyaknya fitur yang ada di OneDrive nantinya, Microsoft tengah mengembangkan fitur baru untuk OneDrive di ponsel pintar. Perusahaan akan menambahkan fitur Story yang mirip dengan apa yang ada di Instagram dan Facebook.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend