Ukuran Foto 2x3 dalam cm, mm, inch & pixel

Ukuran Foto 2×3 dalam cm, mm, inch & pixel (Sesuai Standar)

Ukuran foto 2×3 sangat dibutuhkan untuk banyak kebutuhan. Mulai dari kebutuhan administrasi atau keperluan lainnya. Maka dari itu banyak dari kamu yang ingin mencetak foto dengan ukuran paling kecil ini. Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai ukuran foto 2×3, kamu bisa membaca informasi di bawah ini.

Ukuran Foto 2×3 dalam cm, mm, inch & pixel

Ukuran foto 2×3 sendiri merupakan ukuran paling kecil di Indonesia. Biasanya ukuran foto ini digunakan untuk melengkapi foto di berbagai berkas, seperti ijazah, buku nikah, dan surat keterangan lainnya.

Namun, ukuran foto 2×3 ini memiliki perbedaan sebelum dicetak dan sesudah dicetak. Seperti yang kamu ketahui, setelah dicetak, ukuran foto menjadi berbeda karena ada bagian putih di setiap sisi foto.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat penjelasan mengenai ukuran foto 2×3 dalam berbagai bentuk. Mulai dari ukuran dalam bentuk cm (centimeter), mm (milimeter), inch, dan pixel.

Ukuran Foto 2×3 dalam cm

Jika ukuran foto 2×3 diubah ke dalam bentuk centimeter, maka ukurannya menjadi 2,79 cm x 2,16 cm. Ini artinya, foto ukuran 2×3 memiliki tinggi 2,79 cm dan lebar 2,16 cm.

Ukuran Foto 2×3 dalam mm

Jika ukuran foto 2×3 diubah ke dalam bentuk milimeter, maka ukurannya menjadi 21,6 mm x 27,9 mm. Ini artinya, foto ukuran 2×3 memiliki lebar 21,6 mm dan tinggi 27,9 mm.

Ukuran Foto 2×3 dalam inch

Jika ukuran foto 2×3 diubah ke dalam bentuk inch, maka ukurannya menjadi 0,85 in x 1,11 in. Ini artinya, foto ukuran 2×3 memiliki lebar 0,85 inch dan tinggi 1,11 inch.

Ukuran Foto 2×3 dalam pixel

Jika kamu ingin mengubah foto 2×3 menjadi pixel maka ukurannya menjadi 255 x 330 pixel. Ukuran ini disesuai dengan ukuran pixel yang terdapat di Photoshop menggunakan DPI 300 yang menjadi rekomendasi standar DPI ketika mencetak.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, ika kamu ingin mengubah foto ukuran 2×3. Mulai dari menggunakan aplikasi photoshop, menggunakan ms word, paint, atau bahkan mengubah foto ukuran 2×3 secara online. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah ukuran foto 2×3.

Cara Mengubah Ukuran Foto 2×3 di Word

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah foto ukuran 2×3 adalah menggunakan word. Caranya pun sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi Word
  2. Klik tab Insert. Klik Picture. Pilih salah satu foto.

klik insert

3. Klik kanan pada foto. Klik Size.

klik Size

4. Ubah foto menjadi 2×3

Hilangkan centang Lock aspect ratio dan Relative to original picture untuk mengubah gambar menjadi sesuai keinginan. Isi kolom Height menjadi 3 cm dan Width menjadi 2 cm.

Ukuran Foto 2x3 dalam cm

5. Klik OK

Setelah selesai, kamu sudah memiliki foto dengan ukuran 2×3.

Cara Mengubah Ukuran Foto 2×3 di Photoshop

Selanjutnya, jika kamu memiliki aplikasi Photoshop, kamu juga bisa mengubah ukuran foto di aplikasi yang satu ini. Caranya pun sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan mengubah ukuran foto di aplikasi lainnya.

  1. Klik File lalu klik Open. Setelah itu pilih foto yang ingin diubah ukurannya.

Jika sudah maka tampilannya akan seperti di bawah ini.

2. Klik File lalu klik Image Size

Klik Image lalu Image Size

Jika sudah, maka kamu akan dihadapkan dengan tampilan Photodhop yang meminta kamu untuk mengubah ukuran foto. Masukkan ukuran foto 2×3 dalam bentuk inchi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai ukuran foto 2×3 dalam bentuk inchi. Masukkan “0,85” di kolom width dan “0,11” di kolom height. Kamu juga bisa mengubahnya menggunakan bentuk centimeter dengan format height “2,79” cm sementara width “2,16 cm”.

3. Ubah ukuran foto menjadi 2×3

ubah ukuran foto

4. Klik OK

Selelah itu selesai. Kamu sudah memiliki foto dengan ukuran 2×3. Jangan lupa untuk menyimpan foto yang sudah diubah ukurannya.

5. Klik File lalu Save As

Ukuran Foto 2x3 dalam mm

Setelah itu kamu bisa menyimpannya dengan menamai foto yang akan kamu simpan. Selesai.

Cara Mengubah Foto 2×3 di Paint

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan jika ingin mengubah foto 2×3 adalah dengan menggunakan aplikasi Paint. Caranya juga sangat mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Paint
  2. Klik menu File
  3. Klik Open. Pilih salah satu foto.

klik Open

4. Kalik menu Resize. Pilih Pixels. Hilangkan Maintain Aspect Ratio. Kemudian isi Horizontal 236 dan kolom Vertical 354.

5. Klik OK.

ubah ukuran foto 2x3 di paint

Setelah itu, jangan lupa untuk menyimpan file foto yang sudah diubah ukurannya dengan cara menekan Ctrl + C atau Klik File lalu Save. Selesai, ukuran foto 2×3 siap digunakan.

Cara Mengubah Ukuran Foto 2×3 secara online

Selanjutnya, jika kamu merasa tidak memiliki beberapa aplikasi yang sudah disebutkan di atas, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah foto 2×3 yakni secara online. Caranya sebagai berikut :

  1. Kunjungi salah satu website yang bisa menguabah ukuran foto salah satunya yakni resizeimage.net. Kamu bisa mengunjunginya di halaman https://resizeimage.net/.
  2. Klik Upload an image. Pilih foto yang ingin kamu ganti ukurannya dngan klik Upload an Image.
  3. Pada bagian crop your image (optional). Isi kolom selection are, W = 236 dan H = 354.
  4. Llau geser crop, agar foto yang di crop pas. Kemudia klik Crop.
  5. Kalik Resize Image agar ukuran foro bisa berubah menjadi 2×3.
  6. Klik Download Image

Ukuran Foto 2x3 dalam pixel

Pnggunaan Foto Ukuran 2×3

Meskipun foto ukuran 2×3 adalah foto paling kecil, namun foto ukuran 2×3 ini memiliki banyak sekali kegunaan. Salah satunya, digunakan untuk sebagai prasyarat untuk kelengkapan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara. Mulai dari dokumen ijazah, KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Izin Mengemudi), foto untuk disimpan di buku nikah, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, foto berukuran 2×3 ini tidak bisa dicetak dengan sembarang standar. Ada standar atau ukuran khusus mulai dari dalam bentuk cm, mm, inchi, dan pixel seperti yang sudah kamu baca di atas.

Cara Mencetak Foto Ukuran 2×3

Nah, sebelumnya kamu sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengubah foto ukuran 2×3 di berbagai aplikasi. Untuk kamu yang ingin mencetaknya, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang kamu gunakan ketika ingin mengubahkanya.

Misalnya kamu sedang menggunakan aplikasi ms word untuk mengubah foto ukuran 2×3. Seteah itu kamu hanya perlu menekan Ctrl + P, maka otomatis file yang kamu pilih akan mencetak hasil foto kamu.

Pastikan untuk menggunakan kertas foto yang tebal agar hasilnya masksimal. Hal ini berlaku pula untuk aplikasi lainnya. Kamu bisa print secara langsung. Kamu juga bisa mengandalkan jasa print di photocopy jika kamu merasa kesulitan dalam mencetak foto kuran 2×3 ini.

Itulah beberapa informasi mengenai foto 2×3, ukuran foto 2×3 dalam bentuk centimeter, milimeter, dan inchi. Selain itu, kamu juga sudah tahu bagaimana cara mengubah foto ukuran 2×3 di word, photoshop, paint, bahkan online. Cobalah memilih aplikasi yang bisa kamu gunakan dengan baik. Selamat mencoba.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend