• Our Partners:

Nvidia dan AMD Siapkan Driver WDDM 3.1 Untuk Windows 11 22H2

Nvidia dan AMD Siapkan Driver WDDM 3.1 Untuk Windows 11 22H2

NESABAMEDIA.COMWindows 11 22H2 telah memasuki tahap final dan Microsoft secara resmi mengumumkan Build 22621 sebagai Release to Manufacture (RTM). Ini adalah pembaruan utama pertama ke sistem operasi sejak diluncurkan ke publik pada bulan Oktober 2021 lalu.

Namun seperti yang sudah sering diberitakan sebelumnya, pembaruan utama ini tidak benar-benar hadir dengan fitur baru atau peningkatan yang signifikan. 

Nama komersial dari Windows 11 versi 22H2 juga belum diketahui secara resmi, namun kini sudah meluncur ke para penguji di saluran Rilisan Pratinjau. Seperti pembaruan besar Windows lainnya, Microsoft juga menguji sebuah versi baru dari arsitektur driver grafis Microsoft, dan sepertinya itu bernama WDDM 3.1. 

Driver WDDM 3.1 yang baru ini memperbaiki beberapa bug, termasuk dukungan untuk serangkaian judul game baru, dan membawa dukungan untuk Windows 11 22H2.

Dukungan driver adalah hal yang sangat vital untuk mereka yang ingin mencoba sistem operasi baru, dan juga memberikan perusahaan masukan untuk dijadikan sebagai pertimbangan atas beberapa area yang membutuhkan penyempurnaan.

Nvidia baru saja meluncurkan WDDM 3.1 dan driver yang siap untuk Windows 11 22H2 untuk pelanggan enterprise. Kini mereka tengah mengerjakan driver GeForce baru yang ditujukan untuk pengguna umum dengan dukungan khusus untuk Windows 11 22H2. Namun rupanya, baru-baru ini ada bocoran driver untuk pelanggan umum yang telah tersebar di internet.

Perlu dicatat bahwa driver baru yang bocor itu bukanlah rilisan resmi dari pihak Nvidia. Pasalnya, saat ini, kartu grafis yang ditujukan untuk pelanggan umum belum memiliki dukungan resmi untuk Sun Valley 2. Namun karena driver ini telah bocor terlebih dahulu, diyakini Nvidia tidak akan lama untuk merilis versi resminya, kemungkinan dalam beberapa minggu lagi.

Dalam dokumen yang dirilis sebelumnya, Microsoft mengkonfirmasi bahwa pihaknya secara aktif menerima pengajuan driver setidaknya sampai dengan tanggal 5 September nanti. Ini artinya, perusahaan masih memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan driver mereka untuk versi berikutnya dari Windows 11.

Sementara itu pada build pratinjau Windows 11, driver AMD versi 31.0.12000.20010 dengan dukungan WDDM 3.1 juga sudah meluncur. Pembaruan itu tampaknya meningkatkan kinerja dari GPU AMD di aplikasi OpenGL. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend