Pembaruan Windows 10 KB5013942 Sebabkan Event Viewer Error

Pembaruan Windows 10 KB5013942 Sebabkan Event Viewer Error

NESABAMEDIA.COMBeberapa pengguna melaporkan mengalami masalah serius setelah dirilisnya pembaruan Windows untuk bulan Mei 2022. Apabila pengguna Windows 11 mengalami crash aplikasi setelah memasang pembaruan Windows 11 KB5013943, sepertinya pembaruan Windows 10 KB5013942 juga menyebabkan masalah yang lebih serius. 

Awal pekan ini, Microsoft menerbitkan pembaruan kumulatif Windows Mei 2022 untuk Windows 10 dan 11. Seperti rilisan sebelumnya, pembaruan kumulatif merupakan unduhan wajib yang dimaksudkan untuk menambal masalah umum dan masalah keamanan yang disebabkan oleh pembaruan sebelumnya.

Pembaruan bulan Mei 2022 KB5013942 untuk Windows 10 memperbaiki sejumlah masalah, termasuk bug yang menunda waktu startup sistem sampai dengan 40 menit lamanya. Beberapa laporan kini masuk dengan keluhan bahwa pembaruan itu tidak dapat dipasang di Windows 10. Masalah instalasi bukan masalah utama, namun sepertinya pembaruan itu juga merusak aplikasi untuk beberapa pengguna lain.

Setelah memasang pembaruan KB5013942, pengguna tidak bisa meluncurkan Event Viewer. Sebagai informasi, ini adalah alat bagi administrator untuk memantau log aplikasi dan pesan sistem, termasuk kesalahan, peringatan dan pemberitahuan. 

“Selain Event Viewer tidak bisa terbuka, sepertinya pembaruan ini juga menghapus file, yang terkait dengan .NET 5. Yang saya alami, software scanner Fujitsu saya, ScanSnap mengalami error dengan pesan bahwa mscoree.dll hilang,” ungkap salah seorang pengguna.

Laporan mengenai masalah pembaruan Windows 10 bulan Mei 2022 juga muncul di Feedback Hub. Salah satu pengguna mengatakan bahwa, “Pembaruan ini tampaknya menyebabkan masalah kompatibilitas dengan driver di sistem saya, karena saya mendapatkan pengecualian pemeriksaan mesin yang konstan setelah saya memasangnya. Tepat setelah melakukan booting, ketika semua layanan berjalan di latar belakang diluncurkan. Semuanya bekerja dengan baik sebelum adanya pembaruan ini.”

Dari beberapa keluhan yang ada, mayoritas didominasi oleh error pada Event Viewer dan aplikasi yang mengalami crash.

Pihak Microsoft sendiri mengaku telah mengetahui adanya masalah di pembaruan KB5013942, di mana beberapa aplikasi yang bergantung pada GPU mungkin akan tertutup tiba-tiba atau mengalami masalah lagging. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend