Peningkatan di File Explorer Windows 10 Yang Akan Dihadirkan Sejauh Ini

Peningkatan di File Explorer Windows 10 Yang Akan Dihadirkan Sejauh Ini

NESABAMEDIA.COMMeskipun Windows 10 versi 21H1 akan menjadi pembaruan fitur berikutnya, namun versi 21H2 diharapkan akan membawa lebih banyak sekali perubahan dan peningkatan. Microsoft tengah mengupayakan adanya peningkatan di File Explorer Windows 10 seperti yang telah tercermin lewat Insider Build yang dirilis ke kanal Pengembang. 

Perubahan di File Explorer Windows 10 ini mungkin akan menjadi bagian dari pembaruan Windows 10 versi 21H2 atau Sun Valley. Pembaruan ini pun diyakini akan mulai memasuki tahap perilisan untuk pabrik (RTM) pada bulan Juli atau Agustus mendatang. Kemungkinan juga akan diikuti dengan perilisan untuk pengguna publik pada bulan September atau Oktober melalui pembaruan kumulatif dan paket pengaktifan. 

Apa saja yang diketahui dengan perubahan dan peningkatan File Explorer Windows 10 sejauh ini?

Pembaruan Tata Letak

Tata Letak di File Explorer akan mendapat tambahan padding antar elemen. Untuk pengguna yang lebih menyukai tata letak yang lebih padat informasi, ada pengaturan dalam View Options yang bernama “Use Compact Mode”, yang akan mengaktifkan kembali tata letak klasik dari File Explorer. UX untuk pengaturan ini masih belum final. Tingkat padding itu dirancang untuk bisa memberikan konsistensi yang lebih baik dengan pengalaman XAML yang lebih modern. Ini juga akan memudahkan pengguna ketika menggunakan perangkat dengan layar sentuh.

Ikon Baru

Microsoft telah memperbarui File Explorer dengan beberapa ikon baru. Beberapa perubahan seperti letak ikon folder dan ikon default telah diberikan untuk bisa menghadirkan konsistensi Fluent Design antar produk-produk Microsoft yang menampilkan file. 

Peningkatan Kegunaan

Saat mengubah nama file, kini File Explorer akan mendukung penggunaan tombol CTRL + Arah Kanan atau Kiri untuk memindahkan cursor di antara kata di nama file, seperti yang ada di tempat lain di Windows. 

Ketika melakukan klik kanan pada file OneDrive yang terarsip dan hanya disetel untuk online, pengguna kini akan melihat opsi Extrac All, seperti jika file itu tersedia secara lokal di perangkat pengguna. 

Pengguna Windows 10 masih berharap lebih banyak kepada Microsoft untuk bisa memberikan perubahan dan peningkatan dalam hal fungsional dan tampilan lebih modern di File Explorer. Diharapkan, hal itu bisa turut dihadirkan di pembaruan 21H2 mendatang. 

Leave a Reply

Send this to a friend