• Our Partners:

Firefox Manifest V3

Rilis Bersamaan, Firefox Berikan Dukungan Manifest V2 dan V3

Telah dapat dipastikan bahwa sistem Chromium akan berubah dari yang semulanya menggunakan Manifest V2, akan berubah menjadi Manifest V3. Perubahan ini akan berdampak pada sejumlah ekstensi yang ada di Chromium. Mozila Firefox juga menyatakan bahwa mereka akan mendukung Manifest V3 secepatnya, Minggu (25/09).

Chromium akan segera merilis versi lengkap dari Manifest V3, yang mana saat ini telah mereka gunakan sebagai perubahan dari Manifest V2. Bukan tanpa alasan, perubahan ini tentu akan menyebabkan sejumlah perubahan yang cukup berbeda dengan versi sebelumnya.

Kebijakan di Chromium jelas akan berubah, dan yang akan berdampak besar ialah hadirkan ekstensi yang mendapatkan dukungan Chromium selama ini. Berbagai macam layanan ekstensi di Chromium memang memberikan banyak sekali akses mudah, sebut saja seperti terjemahan, tema browser, hingga yang paling terkenal ialah layanan AdBlock.

Diantaranya semua ini, AdBlock menjadi layanan yang akan kehilangan kekuatannya untuk memblokir sejumlah iklan yang ada di internet. Dengan perubahan menjadi Manifest V3, maka dapat dipastikan bahwa AdBlock sudah tidak memiliki kekuatan untuk memblokir iklan sesuai dengan kebijakan dari Manifest V3.

Kabar lain datang dari Mozilla Firefox yang memberikan dukungan pada Manifest V3, setelah akhirnya mendapatkan dukungan ini Firefox dengan jelas menyatakan bahwa mereka akan menjalankan Manifest V2 dan V3 secara bersamaan.

Melalui laman Blog resminya, Mozilla memberikan pernyataan bahwa mereka akan mendukung penuh penerapan dari Manifest V2 dan Manifest V3 yang akan dirilis secara penuh di 2023 mendatang.

Berbeda dengan Google yang akan menghentikan semua dukungan dari Manifest V2 di layanan Chrome, Mozilla memilih untuk menjalankan keduanya secara berdampingan untuk saat ini. Itu artinya, Mozilla masih memberikan dukungan untuk ekstensi AdBlock bekerja dengan kekuatan penuhnya.

Meskipun begitu, beredar rumor jika Mozilla nantinya harus menggunakan secara penuh dukungan Manifest V3 dan meninggalkan Manifest V2, sesuai dengan tenggat waktu yang telah diberikan oleh Google.

Meskipun begitu, baik Google dan Mozilla belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai keputusan ini. Di mana kita hanya perlu melihat apakah ke depannya Mozilla akan terus menjalankan Manifest V2 dan V3 secara bersamaan, atau meninggalkan Manifest V2 seperti langkah yang diambil oleh Google di Chrome.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend