Sony Bakal Luncurkan Perangkat Komunikasi Optik Untuk Satelit Mikro

Sony Bakal Luncurkan Perangkat Komunikasi Optik Untuk Satelit Mikro

NESABAMEDIA.COMBaru-baru ini, Sony yang dikenal sebagai perancang dan pembuat berbagai komponen digital dan produk komersial, mendirikan sebuah perusahaan baru. Sony Space Communications Corporation (SSC), perusahaan baru itu, akan merancang dan membuat perangkat komunikasi optik untuk perusahaan ruang angkasa. 

Saat ini, ada sekitar 12 ribu satelit di ruang angkasa, dan jumlah ini akan semakin meningkat di masa mendatang. Jumlah data yang digunakan di orbit juga meningkat dari tahun ke tahun. Di sisi lain, gelombang radio yang tersedia juga tidak terbatas. 

Satelit Low Earth Orbit (LEO) perlu komunikasi konstan dengan Bumi. Ini membutuhkan infrastruktur komunikasi yang luas untuk berkomunikasi secara real-time. Ini adalah sebuah masalah serius karena satelit harus melewati stasiun bumi secara langsung untuk bisa berkomunikasi. Ada masalah lain, yakni satelit lebih kecil memerlukan lisensi frekuensi gelombang radio untuk mencapai konsumsi energi yang rendah. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, SSC berencana untuk mengembangkan perangkat komunikasi optik kecil. Mereka akan menyediakan layanan terkait dengan menghubungkan mikrosatelit di orbit rendah Bumi melalui sinar laser. 

Perangkat komunikasi optik ini diperuntukkan bagi perusahaan yang berbisnis atau melakukan penelitian dalam pengembangan satelit. Perangkat komunikasi optik SSC akan mengaktifkan komunikasi berkecepatan tinggi antar satelit kecil. Secara fisik ini sangat sulit dicapai dengan perangkat komunikasi radio tradisional. Itu karena membutuhkan antena dan daya output yang sangat besar. 

Lebih lanjut, dengan membangun jaringan komunikasi optik tidak hanya antar satelit dengan Bumi, tetapi antar satelit di orbit, menjadi tujuan SSC untuk menghadirkan komunikasi secara real-time dari manapun.

Selain itu, perangkat komunikasi optik SSC juga lebih mudah untuk dibuat dan dikendalikan dibandingkan dengan perangkat komunikasi RF tradisional. Alasannya adalah karena komunikasi optik yang baru tidak membutuhkan lisensi secara domain seperti komunikasi radio pada umumnya.

Menurut Sony, SSC memiliki tujuan untuk mempromosikan penerapan secara luas dari komunikasi optik dan berkontribusi dalam meningkatkan kenyamanan hidup orang-orang dengan memperluas aktivitas ekonomi dan sosial. Faktanya, Sony telah mengerjakan proyek ini sudah sejak lama. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend