• Our Partners:

SoundCloud

SoundCloud PHK Massal Hingga 20% Karyawan

NESABAMEDIA.COM – SoundCloud dilaporkan tengah melakukan PHK secara massal karyawan mereka di seluruh dunia. Bahkan, jika ditotalkan ada sekitar 20% karyawan yang akhirnya diberhentikan dari perusahaan mereka. CEO SoundCloud mengatakan alasannya, yang berhubungan dengan keuntungan profit perusahaan, Jumat (05/08).

Dilansir dari The Verge, laporan menunjukan dari hasil memo yang ditulis oleh CEO SoundCloud, Michael Weissman yang memberikan pernyataannya kepada seluruh karyawan. Memo tersebut berisikan sebuah pesan, yang menyangkut akan pendapatan perusahaan pada kuartal pertama 2022 tidak memiliki kestabilan.

Memo tersebut juga menuliskan bahwa ada dampak yang ditimbulkan ketika pandemi menyerang, yang mana tidak hanya dirasakan oleh SoundCloud saja, melainkan sebagian besar perusahaan di seluruh dunia merasakan dampaknya. Menurutnya, beberapa posisi karyawan akan mendapatkan efek untuk beberapa hari ke depan.

Tindakan yang diambil oleh CEO SoundCloud ini, hampir sama dengan tindakan yang diambil oleh CEO Google. Bulan lalu, CEO Google menyatakan bahwa perusahaan setidaknya sampai 2023 tidak akan membuka lowongan pekerjaan, dan tidak akan melakukan perekrutan seperti beberapa bulan lalu. Ini merupakan tindakan untuk mencoba memberikan kestabilan keuangan perusahaan.

“Hari ini beberapa posisi di SoundCloud akan berjalan dengan lebih keras, untuk membuat profit menjadi lebih stabil,” kata Weissman dalam tulisannya di memo.

Weissman juga menambahkan bahwa, perusahaan akan menindaklanjuti keputusan untuk membuat tim yang lebih baik serta meningkatkan finansial perusahaan, salah satunya dengan mengurangi jumlah karyawan mereka.

SoundCloud telah memberikan tanggapan mereka melalui Billboard, yang menyatakan bahwa mereka akan fokus membangun hubungan dan meningkatkan kualitas musik yang selama ini telah mereka jalankan.

“Melalui waktu yang sulit ini, kami akan fokus meningkatkan layanan untuk konsumen, dan membangun dukungan dari banyak perusahaan dalam memberikan komitmen untuk memasarkan musik oleh berbagai penyanyi.” Kata SoundCloud.

Jika ditilik dari beberapa tahun ke belakang, tindakan SoundCloud ini terbilang cukup ringan yang hanya memutuskan hingga 20% karyawan mereka. Pada tahun 2017, SoundCloud telah memutuskan kontrak hingga 40% total karyawan mereka. Cara ini terbilang berhasil untuk perusahaan, untuk meningkatkan dan fokus dalam membangun finansial yang stabil.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend