Tampilan Font di Browser Edge Akan Lebih Jelas Dengan Tambahan Fitur ClearType

Tampilan Font di Browser Edge Akan Lebih Jelas Dengan Tambahan Fitur ClearType

NESABAMEDIA.COMBrowser Microsoft Edge tampaknya akan mendapatkan sebuah fitur baru yang akan membuat teks yang dilihat pengguna di halaman web menjadi lebih halus, jelas dan lebih mudah dibaca. Fitur tersebut dinamakan “ClearType”, yang merupakan sebuah teknologi khusus milik Windows yang mampu meningkatkan keterbacaan teks, terutama pada monitor jenis LCD.

Sebuah tanda untuk fitur ClearType itu telah ditambahkan ke browser Microsoft Edge dengan build Canary versi 91.0.862.0, namun sepertinya telah dihapus dengan pembaruan versi 91.0.863.0. Dalam bagian deskripsinya, Microsoft menjelaskan bahwa fitur tersebut akan menjadi sebuah fitur eksklusif bagi pengguna Windows 10 dan mereka bisa mengaktifkannya untuk mengatur contrast dan gamma. 

“Merender teks menggunakan kontras yang sama dan pengaturan gamma yang digunakan di tempat lain di Windows. Jalankan ClearType Text Tuner untuk menyesuaikan pengaturan kontras dan gamma untuk monitor”.

Jika pengguna belum melihat adanya masalah rendering font di browser Edge, kemungkinan besar para pengguna juga tidak akan melihat adanya perbedaan apapun setelah mengaktifkan penandaan itu. Ini terutama karena fitur tersebut hanya untuk mereka yang menggunakan ClearType Text Tuner opsional yang ada di Windows 10.

Penandaan eksperimental di browser Microsoft Edge itu akan memungkinkan browser tetap mengikuti pengaturan ClearType pengguna yang telah diatur sebelumnya. Seperti yang telah dijelaskan, ClearType Text Tuner dibangun ke dalam sistem operasi dan mengubah pengaturan ClearType Windows ketika tidak lagi bisa menangani masalah rendering font untuk tampilan tertentu.

Begitu diaktifkan, Edge akan mendukung beberapa bayangan warna ClearType dan teks di beberapa situs web akan tampak lebih mudah untuk dibaca, terutama pada layar LCD di mana font sering terlihat seperti memiliki gerigi dan tidak rata. 

Microsoft Edge versi 90 juga telah dikirimkan dengan penyempurnaan rendering font pada tahun lalu, dan ada kemungkinan bahwa Microsoft sekarang mencoba meningkatkan sistem rendering halaman web di browser Edge.

Microsoft saat ini tengah melakukan uji coba peningkatan ini dalam versi Canary dan masih belum jelas kapan akan menyediakannya ke pengguna publik.

Leave a Reply

Send this to a friend