Xiaomi Ajukan Paten Smartphone Lipat Modular, Layarnya Bisa Dicopot

Xiaomi Ajukan Paten Smartphone Lipat Modular, Layarnya Bisa Dicopot

NESABAMEDIA.COMXiaomi telah mengajukan paten yang cukup menarik, termasuk smartphone lipat yang layarnya bisa dilepas, jadi semacam perangkat modular. Paten ini ditemukan oleh IT Home, dan diajukan di Cina. Yang juga menarik di sini adalah layar fleksibel itu bisa menutupi bodi smartphone ketika dipasang. Bukan itu saja, ada hal menarik lainnya yang terungkap.

Hal menarik itu adalah meskipun layarnya dicopot dari bodi utamanya, layar tersebut masih bisa berfungsi. Dalam paten itu disebutkan sesuatu bernama Wireless Communication Module. Jadi ini bisa tetap berfungsi, mungkin karena layar tersebut memiliki baterai sendiri, atau mungkin baterainya juga ikut terlepas. Hal itulah yang saat ini masih menjadi misteri. 

Sumber itu tidak menyebutkan mengenai baterai sama sekali, karena memang paten itu sendiri juga tidak mengungkap detailnya. Hanya fungsi umum dari perangkat itu yang dijelaskan, serta sebuah sketsa yang gambarannya seperti berikut ini.

Perangkat ini terdengar benar-benar menarik, namun sulit untuk disangkal. Masih harus dilihat apakah Xiaomi akan membuat produk berdasarkan paten ini atau tidak. Sebab bagaimanapun itu hanyalah sebuah paten, dan kita semua tahu bahwa OEM cenderung mengajukan banyak sekali paten desain, yang sebagian besar juga tidak pernah diproduksi.

Desain semacam ini tentu akan menjadi sesuatu yang unik, sesuatu yang akan menarik konsumen. Ini adalah sebuah inovasi, meski tingkat kepraktisannya juga bakal dipertanyakan. 

Sketsa Paten Xiaomi

Sketsa Paten Xiaomi

Sebelumnya sudah banyak upaya smartphone modular selama bertahun-tahun, seperti ASUS PadFone, dan LG G5. Ini hanya beberapa contoh dasar saja, karena tentau ada lebih banyak lagi. Tapi yang belum pernah dilihat adalah smartphone lipat modular, dan paten Xiaomi ini menjadi satu-satunya dan yang pertama. 

Mungkin akan terdengar lebih banyak informasi dan detail mengenai produk ini di masa mendatang, atau bahkan tidak sama sekali. Hanya saja jangan berharap banyak smartphone lipat modular semacam ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Xiaomi memiliki beberapa model smartphone lipat lainnya, yang direncanakan akan menjalani debut dan meluncur pada tahun 2022 ini. Namun yang jelas bukan yang berasal dari paten ini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend