Youtube Go Dimatikan Bulan Agustus Mendatang

Youtube Go Dimatikan Bulan Agustus Mendatang

NESABAMEDIA.COMYoutube Go, merupakan versi aplikasi Youtube yang dibuat untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. Meski terdengar sangat bermanfaat, namun itu tidak akan bertahan lama lagi. Menurut sebuah postingan di halaman bantuan Youtube, Youtube GO akan dihentikan layanannya pada bulan Agustus nanti. 

Youtube meluncurkan versi ringan aplikasi mereka ini untuk wilayah yang tidak memiliki jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Juga di wilayah di mana para penggunannya menggunakan smartphone dengan spesifikasi rendah.

Versi aplikasi ini tidak terlalu berat, sehingga pengguna bisa menggunakannya tanpa membuat smartphone mereka lambat. Di sisi lain, ada banyak fungsi dan fitur yang dihilangkan agar bisa digunakan di perangkat dengan spesifikasi rendah.

Dalam pengumumannya itu, Youtube menggunakan kalimat yang indah dengan mengatakan bahwa Youtube Go akan ‘terbenam’ mulai bulan Agustus. Setelah berjalan hampir enam tahun lamanya, mereka yang menggunakan Youtube Go perlu menemukan cara lain untuk bisa mengakses Youtube dengan perangkat keras berspesifikasi rendah atau paket data yang lebih hemat. 

Dalam halaman pengumuman itu juga Youtube menyarankan para pengguna untuk berpindah menggunakan aplikasi utama Youtube. Sejak tahun 2016, mereka telah melakukan banyak hal untuk mengoptimalkan aplikasi untuk penggunaan yang lebih hemat paket data dan tenaga, jadi mereka yang memiliki perangkat spesifikasi rendah masih bisa menggunakannya.

Entah itu karena Youtube tidak ingin pengguna mereka beralih ke aplikasi lain, namun memang jika dibandingkan dengan tahun 2016, aplikasi ini telah mengalami perubahan drastis setiap tahunnya. Kebanyakan smartphone di luar sana, telah mampu menjalankan aplikasi utama Youtube. Mungkin beberapa masih belum bisa memainkan video dengan kualitas 60fps, namun setidaknya itu masih bisa dijalankan.

Masalahnya adalah, saat ini memang ada jenis smartphone yang benar-benar memiliki spesifikasi sangat rendah di bawah rata-rata, termasuk pengguna yang masih menggunakan smartphone lawas.

Sulit dipercaya bahwa aplikasi yang ada sekarang memiliki banyak animasi yang bisa dioptimalkan untuk perangkat semacam itu. Ya atau tidak, Youtube Go akan dihentikan operasionalnya pada bulan Agustus nanti, jadi mereka yang sebelumnya menggunakan aplikasi itu terpaksa harus beralih.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend