Aplikasi Google Phone Fitur Merekam Otomatis Panggilan Tidak Dikenal

Aplikasi Google Phone Bisa Rekam Otomatis Panggilan Dari Nomor Tidak Dikenal

NESABAMEDIA.COMSebuah laporan mengungkapkan bahwa Google sedang berencana untuk meluncurkan fitur baru di Android, yang memiliki kemampuan untuk merekam panggilan secara otomatis dari nomor yang tidak dikenal, di aplikasi Phone mereka. 

Aplikasi resmi panggilan Google, yang bernama Google Phone, dalam waktu dekat akan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur baru itu dalam waktu dekat. Beberapa smartphone Android, telah terpasang aplikasi Google Phone secara bawaan pabrik. Aplikasi itu memiliki sejumlah fitur yang sangat berguna, yang membuatnya mendapatkan sambutan baik dari pengguna, dan kehadiran fitur baru ini tentu akan semakin meningkatkan fungsinya. 

Awalnya, aplikasi Google Phone ini hanya tersedia untuk jajaran smartphone Pixel, dan baru pada bulan Agustus lalu aplikasi ini tersedia untuk diunduh di smartphone Android lainnya. Beberapa fiturnya yang menarik adalah memunculkan ID penelepon yang ada tidak ada dalam daftar kontak pengguna, memperingatkan adanya panggilan yang dicurigai sebagai spam dengan opsi untuk bisa memblokir panggilan itu di masa mendatang. 

Selain itu ada juga kemampuan untuk memfilter panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Kemudian fitur Visual Voicemail, yang memungkinkan pengguna untuk membaca transkrip kemudian menghapus atau menyimpan voice mail itu tanpa harus mendengarkannya. Lokasi pengguna juga akan dicantumkan, di saat melakukan panggilan darurat, serta membisukan suara saat ada panggilan masuk. 

Kini sepertinya Google memfokuskan pada masalah keamanan dan pemindaian di aplikasi Phone. Saat membedah pembaruan versi terbaru dari aplikasi itu, anggota dari XDA Developer menemukan sebuah kode baru yang menampilkan sebuah pertanyaan “Selalu merekam panggilan dengan nomor yang tidak ada di dalam kontak?”

Sebelumnya, Google sudah memiliki fitur perekaman panggilan seperti ini, namun hanya untuk panggilan keluar. Namun kemampuan untuk mengaktifkan secara otomatis setiap panggilan yang masuk dari nomor tidak dikenal, telah menawarkan jenis penyaringan yang lebih spesifik dan mendetail lagi. 

Hal ini sepertinya telah menjadi pikiran yang selama ini menjadi perhatian Google, saat ingin menghadirkan fitur baru di aplikasi tersebut. Nomor yang tidak dikenal ini biasanya merupakan nomor seseorang yang ingin menghubungi untuk alasan tertentu, penawaran produk, atau rekan kerja baru. 

Berangkat dari kasus semacam ini, kebutuhan untuk membuat catatan atau merekam apa yang dibicarakan itu adalah faktor pendorongnya. Serta juga ada kemungkinan panggilan mendadak seperti itu nantinya bisa dilakukan sebagai acuan penanganan di lain waktu. 

Belum diketahui, kapan Google akan meluncurkan fitur ini, dan kemungkinan pengguna membutuhkan smartphone yang kompatibel dengan fitur baru itu. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend