Aplikasi Translator Kini Sudah Tidak Lagi Tersedia Untuk Windows 10

Aplikasi Translator Kini Sudah Tidak Lagi Tersedia Untuk Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mulai mematikan aplikasi Translator untuk Windows 10, dan tautan unduhan di Microsoft Store pun telah dihapus. Dengan kata lain, pengguna yang belum memasang aplikasi Translator untuk perangkat Windows 10 mereka, tidak akan lagi bisa memasang dan menggunakannya. Saat berita ini diturunkan, halaman aplikasi Translator untuk Windows 10 yang ada di Microsoft Store tidak lagi tersedia, dan muncul pesan bahwa “Aplikasi tidak tersedia”. 

Namun, Translator ini akan tetap tersedia untuk perangkat iPhone dan Android, termasuk juga tetap tersedia untuk versi web. Sayangnya sejauh menyangkut Windows 10, Microsoft mengatakan jika pihaknya melihat sedikit alasan untuk bisa terus fokus pada aplikasi tersebut. 

Jika Translator sudah terpasang di perangkat Windows 10, maka aplikasi itu tidak akan dihapus meski pengumuman resminya telah dikeluarkan oleh Microsoft. Namun di sisi lain, pengguna tidak akan lagi mendapatkan pembaruan dan peningkatan. Jadi pengguna masih bisa menggunakan aplikasi itu tanpa adanya fitur baru kedepannya.

“Aplikasi Microsoft Translator untuk perangkat desktop Windows 10 tidak akan lagi tersedia untuk diunduh, mulai dari tanggal 8 April 2021. Jika pengguna telah mengunduh aplikasi tersebut, aplikasi akan tetap bisa digunakan. Namun dukungan teknis dan pembaruan ke layanan itu tidak akan lagi disediakan. Hal ini tidak akan berdampak sama sekali pada fitur-fitur penerjemahan di produk-produk Microsoft yang menggunakan layanan dari aplikasi itu,” kata Microsoft menjelaskan.

Tentu saja, mengingat opsi terjemahan sudah dibundel dengan aplikasi Microsoft lainnya, maka Translator ini diyakini tidak akan dirindukan oleh para pengguna. Dan ini mungkin bisa menjadi salah satu alasan kenapa Microsoft pada akhirnya memutuskan untuk menyerah dalam mengembangkan dan mengelola aplikasi tersebut.

Sementara itu, jika pengguna ingin melakukan penerjemahan dengan mudah dan cepat, cara paling nyaman untuk melakukannya adalah cukup dengan bergantung pada browser Microsoft Edge untuk kebutuhan yang lebih luas, jadi alat penerjemahan itu hanya membutuhkan beberapa klik saja. Atau cukup dengan menggunakan Google Translate yang juga sangat memudahkan. 

Leave a Reply

Send this to a friend