• Our Partners:

Fitur Facebook Instagram Reels Saingan Tiktok

Facebook Segera Rilis Fitur Instagram Reels yang Siap Saingi TikTok

NESABAMEDIA.COM – Facebook berencana untuk meluncurkan tiruan TikTok di Amerika Serikat dan lebih dari 50 negara lain dalam beberapa pekan ke depan, NBC News mengabarkannya pagi ini. Facebook tidak akan merilis aplikasi baru, tetapi memperbarui fitur yang dinamakan Reels di Instagram yang kemudian mengkonfirmasi kepada TechCrunch bahwa fitur tersebut akan diluncurkan pada “awal Agustus”.

Reels adalah upaya Instagram untuk membuat ulang format video musik pendek yang berkembang pesat di TikTok. Reels akan memungkinkan pengguna merekam dan mengedit klip video 15 detik yang disetel ke musik, atau pengguna akan dapat menggunakan kembali audio dari video orang lain, seperti yang biasa dilakukan di TikTok. Sejauh ini, fitur ini hanya tersedia di beberapa negara, termasuk India dan Brasil.

Layanan baru dapat memberikan Facebook, yang memiliki hampir 3 miliar pengguna di layanannya, kesempatan untuk membendung peningkatan cepat layanan pesaingnya. Facebook telah berupaya untuk melawan saingan dengan meniru layanan mereka sebelumnya, termasuk dengan stories Instagram dan WhatsApp, yang meniru fitur serupa dari Snapchat.

“Kami berada di tempat kami harus bersedia untuk mengakui ketika seseorang melakukan sesuatu yang luar biasa dan mencoba belajar darinya,” kata Adam Mosseri, Kepala Bagian Instagram, dalam sebuah wawancara tahun ini ketika ditanya tentang Snapchat.

Pada saat yang sama, TikTok telah menjadi sangat populer, terutama di kalangan remaja, sehingga mungkin sudah terlambat untuk memeriksa kenaikannya tanpa tindakan pemerintah. Layanan sekarang memiliki lebih dari 30 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan menjadi budaya di berbagai negara

Karena jangkauannya yang luas, Instagram mencoba untuk merebut jutaan pengguna TikTok apabila aplikasi tersebut dilarang. Tetapi pengguna TikTok tidak dapat melompat secara massal ke satu aplikasi baru jika pelarangan dilakukan. Sudah ada tanda-tanda terpecahnya komunitas TikTok – penari lebih suka aplikasi seperti Dubsmash dan Triller, sedangkan Gen Z muda seperti Byte, misalnya.

Masih belum jelas bagaimana pemirsa dapat menemukan fitur Instagram Reels untuk ditonton. TechCrunch sebelumnya melaporkan bahwa fitur itu ada di dalam tab Explore, tetapi NBC News mengatakan hari ini bahwa Instagram akan menambahkan tab baru ke bagian bawah layar di mana Anda akan dapat melihatnya. Tab penayangan khusus dapat membuat pengalaman lebih seperti TikTok, yang melemparkan pengguna langsung ke layar video yang bergulir tanpa henti.

Leave a Reply

Send this to a friend