• Our Partners:

Google Hentikan Layanan Hangouts Mulai November 2022

Google Hentikan Layanan Hangouts Mulai November 2022

NESABAMEDIA.COM – Google akan segera memindahkan pengguna Hangouts, ke aplikasi Chat yang akan berlangsung bulan ini hingga November. Google menyatakan pengumuman ini melalui Blog mereka, Google menyatakan bahwa pengguna yang masih menggunakan Hangouts akan segera mendapatkan informasi perubahan platform, Selasa (28/6/2022).

Pengguna yang masih menggunakan Hangouts untuk mengakses Gmail pada sebuah aplikasi maupun situs website, akan segeran mendapatkan pemberhentian operasi hingga beberapa bulan kedepannya. Google menyatakan bahwa pengguna Hangouts yang mengakses laman Google, akan segera diberhentikan hingga November.

Google juga menyatakan bahwa, November merupakan bulan terakhir dari Hangouts untuk dapat beroperasi, sebelum akhirnya akan dipindahkan pada aplikasi Chat, Google. Namun, Chat sendiri merupakan aplikasi yang berbeda dari Google Talk, yang mana merupakan aplikasi yang termasuk ke dalam aplikasi yang diberhentikan operasinya oleh Google.

Pengguna berspekulasi bahwa, Goolge menutup Google Talk karena ingin mengembangkan aplikasi Hangouts mereka, ternyata semua perkiraan ini salah. Perusahaan pertama kali merencanakan untuk memindahkan pengguna Hangouts ke Chat pada 2018 lalu, hingga pada akhirnya menghadirkan smeua fiturnya secara gratis pada 2020.

Menariknya, hingga November nanti Google akan terus melakukan perbaharuan dari pengguna Hangouts. Di mana, pengguna yang masih menggunakan Hangouts akan dipindahkan secara otomatis datanya ke Chat. Jadi, pengguna tidka perlu kesulitan ketika ingin menggunakan aplikasi baru, karena memang semua datanya tersedia.

Secara otomatis, Hangouts akan memindahkan data perpesanan penggunanya ke aplikasi Chat. Perusahaan ini juga memberikan penggunanya beberapa pilihan, dengan cara membuat perbaharuan dengan cadangan data, sebelum akhirnya ditutup pada November.

Pengguna Hangouts juga masih dengan mudah mengakses dan mencadangkan media yang sempat dikirim, seperti gambar, video, dan rekamanan cacatan suara panggilan telepon. Semua kontak juga disesuaikan, untuk memudahkan pengguna dari Hangouts ke Chat.

Google menambahkan bahwa terdapat lebih banyak fitur menarik di Chat, yang secara garis besar dimiliki oleh Hangouts. Chat memungkinkan pengguna untuk dapat memulai obrolan pesan teks, mmebuat panggilan telepon gratis, higga membagikan banyak media seperti gambar dan video. Jadi, pengguna Hangouts hanya akan diberikan kesempatan hingga November nanti.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend