Kecepatan Internet Starlink Tembus 301Mbps

Kecepatan Internet Starlink Tembus 301Mbps

NESABAMEDIA.COMElon Musk dan perusahaan Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) miliknya, telah menetapkan standar yang sangat tinggi dalam setiap aktivitas yang mereka kerjakan, yang membuatnya sangat sulit disaingi para kompetitornya. Ini juga termasuk dengan layanan internet satelit mereka bernama Starlink. Terbaru, mereka melaporkan bahwa telah menorehkan pencapaian baru, dalam hal kecepatan unduhan luar biasa. 

Sebagai informasi, Starlink merupakan konstelasi internet satelit kecil yang mengorbit rendah di Bumi. Misinya adalah menyediakan akses internet ke semua orang di mana pun mereka tinggal. Sebelumnya, berbagai hasil tes kecepatan menunjukkan bahwa Starlink melampaui kecepatan unduhan broadband di sebagian besar negara. 

Adapun hasil pengujian terbaru menunjukkan bahwa Starlink mampu mencapai kecepatan 301Mbps dalam unduhan. Ini menjadi salah satu layanan internet tercepat di dunia.

Namun meski demikian, masih ada ruang yang bisa diisi untuk perbaikan dan peningkatan, yakni dalam hal yang mengacu pada masalah latensi. Selain itu, kecepatan unggahan juga masih perlu ditingkatkan.

Kemarin, seorang pengguna Reddit mengunggah hasil tes kecepatan internet miliknya yang menggunakan Starlink. Dalam tangkapan layar tersebut, kecepatan unduhan menunjukkan angka 301Mbps. Dari komen yang ada, diketahui pengguna itu tinggal di wilayah Wisconsin, Amerika Serikat. 

Sayangnya seperti yang disebutkan di atas, kecepatan unggahan dan latensinya kurang begitu mengesankan. Pengguna itu hanya mendapatkan kecepatan unggahan sebesar 20.5Mbps, dengan latensi 78ms. 

Lebih pentingnya lagi adalah, itu bukanlah jaringan dengan kecepatan yang stabil. Sebelumnya diketahui bahwa kecepatan internet Starlink masih fluktuatif. Misalnya, pada beberapa bulan yang lalu, kecepatan unduhan tertingginya adalah 299Mbps, kemudian ada laporan lain yang menyebutkan hanya mendapatkan kecepatan unduhan sebesar 1,23Mbps. 

Penelitian yang dilakukan Ookla untuk kuartal keempat tahun lalu menunjukkan bahwa Starlink memiliki kecepatan unduhan rata-rata sebesar 105Mbps. Di saat yang sama, Ookla juga menyoroti bahwa kecepatan tertinggi terdeteksi di wilayah Miami Date County, Florida. Kecepatan rata-rata penyedia internet di wilayah tersebut sendiri adalah 191MBps.

Namun, perbandingan kecepatan rata-rata antar kuartalan menunjukkan bahwa kisaran kecepatan unduhan tertinggi dan terendah meningkat 30Mbps atau 30% dibandingkan 100Mbps di kuartal ketiga. Namun kecepatan unduh rata-ratanya hanya meningkat sebesar 10%.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend