Kerentanan Zero Day Berbahaya di Chrome, Juga Menjangkiti Microsoft Edge

Kerentanan Zero Day Berbahaya di Chrome, Juga Menjangkiti Microsoft Edge

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengkonfirmasi sesuatu yang selama ini menjadi ketakutan para pengguna browser Edge, yakni bug Zero Day. Kerentanan yang berdampak pada Google Chrome di awal pekan ini rupanya juga menjangkiti Edge. Meski demikian, apabila anda adalah salah seorang pengguna Edge, anda tidak perlu panik, karena patch perbaikan sudah tersedia di pembaruan terbaru.

Awal pekan ini telah dilaporkan sebuah kerentanan Zero Day yang menyerang browser Google Chrome. Berjudul CVE-2022-2294, kerentanan satu ini dinilai begitu penting karena telah dieksploitasi oleh para pelaku kejahatan siber di luar sana. Oleh karenanya, Google telah menerapkan tambalan darurat untuk menutup kerentanan tersebut, namun kekhawatiran masih ada di pihak pengguna browser Edge.

Hal tersebut karena browser Microsoft Edge juga didasarkan pada kernel Chromium, sehingga tidak jarang antara Chrome dan Edge sering berbagi masalah dan kerentanan yang sama. Bahkan, kekurangan yang ditemukan di salah satu browser, sering juga ditemukan di browser yang lain.

Akan tetapi untuk kerentanan Zero Day yang baru ini, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah menyebarkan tambalan untuk perbaikan kerentanan tersebut. Pihak Microsoft juga meminta para pengguna Edge untuk tidak panik. 

Para pengguna browser Edge disarankan untuk segera memperbarui browser mereka secepatnya, jangan menunda sampai hari esok dan kerentanan itu tereksploitasi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser Edge.
  2. Klik pada menu Settings di bagian kanan atas, yang berupa tiga titik.
  3. Pada bagian Help & Feedback, klik About Microsoft Edge.
  4. Browser akan secara otomatis mencari dan memasang pembaruan teranyar.
  5. Begitu selesai, tutup dan buka kembali browser untuk menyelesaikan pemasangan.

Anda tidak perlu lagi melakukan hal lain untuk melindungi perangkat anda dari ancaman kerentanan Zero Day ini lewat browser Edge anda. Patch perbaikan yang dikirimkan oleh Microsoft akan secara otomatis diterapkan, dan mencegah para pelaku kejahatan mencuri data pribadi anda. 

Sebagai saran lanjutan, anda juga bisa secara rutin memeriksa pembaruan Edge untuk memastikan anda telah mendapatkan keuntungan dari perbaikan teranyar yang dirilis oleh Microsoft. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend