• Our Partners:

8 Keuntungan Berkuliah di Jurusan Teknik Informatika, Sudah Tahu?

Untuk kamu yang masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah atau kamu berminat untuk menekuni jurusan Teknik Informatika, kamu bisa mempertimbangkannya dengan membaca artikel ini.

Karena di artikel kali ini akan mengulas mengenai keuntungan kuliah di jurusan Teknik Informatika. Sebelumnya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa latar belakang dari jurusan Teknik Informatika ini.

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati oleh sejumlah para calon mahasiswa saat ini. Bahkan passing grade dari jurusan ini berada di bawah jurusan kedokteran dari sejumlah Universitas ternama di Indonesia.

Untuk itu, kamu harus mengetahui apa saja keuntungan apabila kamu kuliah di jurusan teknik Informatika ini. Berikut keuntungannya.

1. Kamu Dapat Menciptakan Software dan Mengembangkannya

coding

Salah satu mata kuliah dari jurusan Informatika yaitu Bahasa pemrograman. Dengan menggunakan bahasa pemrograman, kamu dapat menciptakan sebuah software seperti aplikasi Android yang dapat membantu banyak orang.

Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari seperti pemrograman Java, C, C++, C#, PHP, Visual Basic dan lain sebagainya. Dengan berbagai bahasa pemrograman tersebut kamu harus meningkatkan logika kamu untuk dapat membuat sebuah aplikasi. Karena logika sangat penting dalam membuat sebuah aplikasi.

Apabila kamu sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman, kamu dapat menciptakan software dan memberikan nilai jual tersendiri. Dari sini lah kamu akan mendapatkan penghasilan tetap sebagai programmer. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan software yang telah kamu ciptakan tersebut dan dapat bermanfaat untuk orang banyak.

2. Prospek Pekerjaan yang Bagus

prospek kerja

Tidak dipungkiri lagi bahwasanya lulusan Teknik Informatika banyak dicari oleh sejumlah perusahaan. Mengapa ? Karena dizaman yang kian canggih dan modern ini semua pekerjaan akan di handle oleh komputer maupun robot. Maka dari itu, lulusan dari Teknik Informatika semakin banyak dibutuhkan di perusahaan.

Tidak hanya itu, disetiap perusahaan pun banyak yang menggunakan sistem untuk membantu pekerjaan dari setiap karyawannya. Nah, disinilah lulusan informatika yang dapat melakukannya.

3. Menjadi Konsultan IT

konsultan it

Menjadi seseorang yang menggeluti dunia IT sering dianggap keren, karena mereka pasti selalu dianggap yang paling tahu tentang Komputer.

Pada jurusan Teknik Informatika juga ada salah satu profesi yang biasa di sebut dengan konsultan IY. Konsultan IT ini dapat membantu para kliennya untuk mendapatkan sejumlah informasi tentang pemasangan dari sebuah sistem, jadi sistem tersebut akan berjalan dengan baik.

Selain itu seorang dari lulusan Teknik Informatika juga bisa menciptakan perangkat- perangkan yang telah dikembangkan sebelumnya dan dapat menjadi konsultan ketika dalam proses perakitan sseperti sebuah komputer.

4. Selalu Tahu Perkembangan Teknologi

perkembangan IT

Seseorang yang memilih jurusan Teknik Informatika pasti selalu up to date mengenai isu – isu yang ada di dalam dunia teknologi. Contohnya seperti China yang membuka taman hiburan Virtual Reality terbesar di dunia. Tentu saja hal ini dapat terlihat keren, karena sebelum hal ini marah dan populer dikalangan masyarakat, mahasiswa yang berada di jurusan Teknik Informatika pasti sudah duluan memperbincangkan hal ini.

Selain itu, seseorang yang berada di jurusan Teknik Informatika akan menyadari perkembangan teknologi dan dapat membantu kesuksesan kuliah yang mereka jalani.

Dan juga di jurusan Teknik Informatika akan membahas tentang bagaimana cara pembuatan sebuah sistem, dan pembuatan sebuah aplikasi. Dari sinilah mahasiswa Teknik Informatika mendapati informasi yang lengkap dibandingkan dengan seseorang yang tidak menekuni bidang studi ini.

5. Membuat Hardware dan Mengembangkannya

hardware

Salah satu keunggulan yang dapat dibanggakan oleh mahasiswa yang berada di jurusan Teknik Informatika yaitu mereka dapat merakit sebuah komputer.

Mereka terbukti sangat mdah dan bisa dalam merangkai komputer beserta hardware yang mereka buat sendiri. Sehingga mahasiswa di jurusan ini dapat membuat sebuah hardware atau perangkat keras yang sangat berguna untuk banyak orang seperti komputer, PC dan perangkat keras lainnya yang menjadi pelengkap komputer secara user friendly.

6. Memperbaiki Perangkat Sendiri

perbaiki hardware

Pada era digitalisasi seperti sekarang ini, penggunaan komputer, PC maupun smartphone sangat sering digunakan oleh setiap orang, bahkan penggunaan gadget seperti itu pun terus berkembang seiring bertambahnya tahun dan tren teknologi.

Keuntungan lainnya yang didapat jika kamu seorang mahasiswa Teknik Informatika, kamu dapat memperbaiki sendiri perangkat elektronika seperti komputer, PC dan lain sebagainya dengan sangat mudah.

Sehingga kamu tidak perlu lagi untuk menggunakan jasa dari tukang service untuk memperbaiki perangkat kamu sendiri. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat menghemat biaya yang lumayan tinggi, dibandingkan apabila kamu menggunakan jasa service perangkat elektronik seperti itu.

7. Dapat Mengembangkan Sebuah Sistem

sistem

Mengembangkan sebuah sistem adalah salah satu keahlian dari seorang mahasiswa yang berada di jurusan Teknik Informatika. Karena di dalam mata kuliah jurusan tersebut pun ada yang membahas mengenai hal tersebut. Dalam mengembangkan sebuah sistem tersebut pun terdiri dari software atau perangkat lunak maupun hardware atau perangkat keran yang nantinya akan digunakan untuk beberapa kepentingan tertentu.

8. Lebih Memahami Proses yang Terjadi di Komputer

keuntungan kuliah di jurusan teknik informatika

Memang komputer merupakan suatu alat yang bisa dibilang sangat rumit ketika melakukan sebuah proses dalam memproses informasinya.

Nah, maka dari itu, untuk mereka yang menggeluti dan sangat menekuni mata kuliah di jurusan Teknik Informatika ini akan lebih memahami proses-proses apa saja yang akan memproses sebuah informasi yang terdapat dalam sebuah sistem tersebut. Hal ini juga yang akan membantu ketika mengembangkan sebuah sistem baru dan dapat menciptakan inovasi yang sangat menarik.

Demikian artikel mengenai keuntungan berkuliah di jurusan Teknik Informatika. Semoga dengan artikel ini kamu semakin mantap untuk menekuni jurusan ini dan memilih jurusan ini sebagai jurusan yang akan kamu tempuh di masa perkuliahan.

Leave a Reply

Send this to a friend