MacBook Baru Apple Akan Miliki Layar Lebih Tinggi

MacBook Baru Apple Akan Miliki Layar Lebih Tinggi

NESABAMEDIA.COMSebuah laporan baru yang diterima nesabamedia.com, mengungkap bukti kuat bahwa Apple berencana untuk meningkatkan resolusi layar pada MacBook Pro ‘M1X’ 14 dan 16 inci yang kemungkinannya bakal diumumkan secara resmi pada satu atau dua bulan mendatang.

Sumber tersebut mengaku telah melihat dari dekat macOS Monterey beta terbaru dan menemukan dua resolusi baru misterius yang berbeda dengan Mac yang ada saat ini, di resolusi 3456 x 2234 dan 3024 x 1964.

Ada beberapa hal menarik tentang resolusi ini. Pertama, resolusinya jelas lebih tinggi daripada model MacBook Pro saat ini, yaitu 3072 x 1920 (16 inci) dan 2560 x 1600 (13 inci). Sangat mengherankan bahwa Apple akan memilih untuk meningkatkan resolusi dan kerapatan piksel (sekitar 250 ppi) dengan margin yang cukup signifikan, mengingat MacBook yang ada sudah berada pada kualitas ‘Retina’ (kira-kira 227 ppi).

Kemudian juga, mengingat berapa banyak laptop 4k yang ada di pasaran (yaitu 3840 x 2160, untuk layar 16:9), mungkin sepertinya Apple tidak ingin ketinggalan, bahkan jika ternyata keuntungannya hanya sedikit.

Tetapi yang mungkin lebih menarik dari angka-angka ini adalah rasio aspek yang mereka tawarkan. Apple telah menggunakan rasio aspek 16:10 untuk hampir semua laptopnya selama bertahun-tahun, sedikit di depan tren saat ini untuk rasio aspek yang lebih tinggi daripada 16:9 pada umumnya.

Jika resolusi ini benar adanya, informasi itu menyiratkan bahwa Apple bakal menghadirkan layar yang lebih tinggi, lebih dekat ke rasio 3:2 yang digunakan oleh perangkat Surface. Rasio aspek yang lebih tinggi kini menjadi tren tersendiri, karena memang ini adalah sebuah kebiasaan baru.

Yang aneh adalah rasio aspek ini jelas lebih tinggi dari 16:10, tetapi juga tidak cocok dengan 3:2. Lebih aneh lagi, kedua rasio aspek tidak cocok satu sama lain. Untuk membuat perbandingan sedikit lebih sederhana, apabila merujuk pada hitungan dasar, maka bisa disimpulkan bahwa layar 16:10 memiliki rasio 1,6:1, sedangkan layar 3:2 adalah 1,5:1. Model 16-inci baru akan tampak memiliki rasio 1,55:1 dan yang 14-inci akan menjadi 1,54:1.

Ini juga merupakan rasio aspek yang tidak biasa secara umum, yang tidak sesuai dengan beberapa format format fotografi, atau film. Jadi kemungkinan besar, Apple hanya ingin tampil beda.

Meski demikian, banyak orang beranggapan bahwa ruang vertikal selalu merupakan hal yang baik di laptop. Dengan MacBook baru yang diharapkan akan dirilis sebelum akhir tahun, sepertinya tidak lebih lama lagi misteri ini akan bisa dipecahkan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments