• Our Partners:

Microsoft Bakal Gantikan Windows Information Protection Dengan Purview

Microsoft Bakal Gantikan Windows Information Protection Dengan Purview

NESABAMEDIA.COMWindows Information Protection (WIP) atau Perlindungan Informasi Windows, sebelumnya dikenal sebagai Enterprise Data Protection (EDP), merupakan produk Microsoft yang dirancang secara khusus guna mencegah kebocoran informasi yang tidak disengaja di lingkungan perusahaan. 

Microsoft telah berulang kali menekankan bahwa WIP tidak boleh digunakan sebagai garis pertahanan utama dalam melawan ancaman kebocoran informasi oleh orang dalam, melainkan hanya alat yang dimaksudkan untuk mencegah kebocoran yang tidak disengaja melalui akun email pribadi, penyimpanan cloud publik atau platform media sosial, tanpa menghambat pengalaman karyawan secara keseluruhan. 

Kemarin, Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka menghentikan layanan Windows Information Protection (WIP) dan akan diganti dengan layanan bernama Purview

Microsoft Purview sendiri adalah sebuah solusi pengelolaan data yang bisa digunakan oleh organisasi atau perusahaan, dalam memastikan bahwa komunikasi internal maupun eksternal telah memenuhi standar dan peraturan kepatuhan perusahaan. Layanan ini terintegrasi erat dengan layanan Microsoft 365, seperti Teams, Yammer, Outlook dan lainnya. 

Pada dasarnya, organisasi bisa menentukan kebijakan dalam menentukan pemindaian komunikasi secara otomatis, untuk mengelola tingkat resiko orang dalam dan mendeteksi adanya pesan yang tidak pantas dan menyalahi aturan. 

Apabila ada bagian dari komunikasi yang cocok dengan kebijakan yang telah diatur, itu kemudian diteruskan ke peninjau yang telah ditunjuk, guna melakukan penyelidikan lebih lanjut. Solusinya terutama didukung oleh pengklasifikasi Machine Learning dan tampaknya Microsoft ingin menambahkan lebih banyak pengklasifikasi lagi ke Purview ke depannya.

Melihat kemampuan dan fitur yang ditawarkan oleh Purview itu, Microsoft menilai bahwa keberadaannya memiliki peran yang tumpang tindih secara signifikan dengan fungsi dari Windows Information Protection (WIP). Oleh karena itu, mungkin Microsoft secara bertahap menghapus produk lama demi produk baru yang diperbarui secara berkala. 

Ke depannya, tidak ada fitur baru yang akan ditambahkan ke WIP dan juga akan dihapus dari versi Windows yang akan datang. Meski demikian, untuk versi Windows yang masih didukung, WIP masih akan tetap ada. Dan mengingat statusnya yang sedang dihapus, Microsoft telah mendorong pelanggan perusahaan untuk menjelajahi Purview dan DLP agar mereka mau mempertimbangkan untuk bermigrasi ke sana. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend