Microsoft Terbitkan Pembaruan Darurat OOB, Perbaiki Masalah Login Microsoft 365 di Perangkat ARM

Microsoft Terbitkan Pembaruan Darurat OOB, Perbaiki Masalah Login Microsoft 365 di Perangkat ARM

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru saja merilis pembaruan Windows Out of Band (OOB) untuk mengatasi masalah umum yang menyebabkan login Azure Active Directory dan Microsoft 365 terganggu, di perangkat ARM setelah memasang pembaruan Patch Tuesday bulan Juni 2022.

Pembaruan OOB ini akan secara otomatis terpasang melalui Windows Update, dan bisa diunduh dan dipasang secara manual melalui Microsoft Update Catalog KB5016139 untuk Windows 10 dan KB5016138 untuk Windows 11.

“Memperbaiki masalah umum yang hanya berdampak pada perangkat Windows berbasis ARM, dan mungkin mencegah pengguna untuk login menggunakan AAD. Aplikasi dan layanan yang menggunakan AAD untuk sign in, seperti jaringan VPN, Microsoft Teams dan Microsoft Outlook, mungkin juga terdampak,” terang Microsoft.

Daftar lengkap versi Windows yang terdampak oleh masalah ini termasuk beberapa platform klien, seperti Windows 11 21H2, Windows 10 21H2, Windows 10 21H1 dan Windows 10 20H2.

Menurut peringatan masalah layanan untuk pelanggan Microsoft 365, beberapa skenario yang terdampak meliputi, namun tidak terbatas pada:

  • Aplikasi dan layanan yang menggunakan AAD untuk masuk.
  • Jaringan VPN.
  • Microsoft Teams versi desktop.
  • OneDrive untuk bisnis.
  • Klien Outlook Desktop.

“Pembaruan OOB ini adalah pembaruan kumulatif. Jika anda menggunakan pembaruan yang dirilis sebelum tanggal 4 Juni 2022, kami menyarankan anda untuk memasang pembaruan OOB ini, alih-alih pembaruan tanggal 14 Juni 2022. Jika anda memasang pembaruan sebelumnya, hanya pembaruan baru yang ada di paket ini yang akan diunduh dan dipasang id perangkat anda,” tambah Microsoft.

Microsoft sebelumnya juga telah membagikan solusi sementara, untuk mereka yang tidak bisa memasang pembaruan darurat anyar ini, dan tetap bisa menggunakan produk dan layanan yang terdampak. Menurut Microsoft, pengguna yang ingin menggunakan aplikasi yang terdampak, bisa beralih menggunakan versi web. 

“Untuk menyiasati masalah ini, anda bisa menggunakan versi web dari aplikasi yang terdampak, seperti oneDrive, Microsoft Teams, dan Outlook.com,” jelas Microsoft.

Pembaruan bulan Juni 2022 juga menyebabkan sejumlah masalah lain, seperti masalah jaringan ketika menggunakan Wi-Fi hotspot di klien dan server yang telah diperbarui, termasuk masalah jaringan VPN dan RDP di server yang mengaktifkan Routing and Remote Access Service (RRAS).

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend