• Our Partners:

pengertian sumber daya manusia

Pengertian Sumber Daya Manusia Beserta Fungsi dan Contohnya, Yuk Disimak!

Pengertian Sumber Daya Manusia

SDM (Sumber Daya Manusia) yang sangat indentik kaitannya dengan suatu organisasi, baik itu perusahaan maupun institusi, karena SDM merupakan salah satu faktor yang penting di dalamnya.

Dalam menentukan perkembangan atau kemajuan suatu perusahaan SDM adalah kunci utamanya. Sumber Daya Manusia artinya manusia/seseorang yang bekerja menjadi penggerak, memberi pemikiran/inspirasi atu suatu perencanaan yang secara teoitis dan prakteknya mencapai hasil atau tujuan. Jika SDM yang dimiliki oleh seseorang dengan kemampuan atau kualitas yang baik maka perusahaan tersebut akan maju.

Saat ini, seorang karyawan telah dianggap sebagai suatu aset penting bagi perusahaan, bukan lagi hanya dianggap sebagai sumber daya saja. Karena alasan itu, ada banyak istilah yang bermunculan selain Human Resources (H.R) yakni, Human Capital (H.C). Dalam istilah tersebut SDM diartikan sebagai aset yang bernilai tinggi, dapat dilipatgandakan, dikembangkan, serta bukan lagi sebagai liability (cost, beban) atau sumber aset utama.

Pengertian dari SDM dibagi menjadi 2 yaitu:

Pengertian makro

Pengertian makro ialah warga negara yang usianya sudah memasuki usia angkatan kerja, yaitu seseorang yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja

Pengertian mikro

Pengertian SDM mikro ialah seseorang yang bekerja pada suatu organisasi, institusi ataupun perusahaan, yang biasa disebut dengan buruh, pegawai, tenaga kerja, karyawan, dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian SDM secara luas ialah seseorang yang bekerja sebagai penggerak dalam suatu organisasi, seperti perusahaan ataupun institusi dan merupakan aset yang mempunyai kemampuan yang harus dikembangkan dan juga dilatih.

Pengertian SDM Menurut Para Ahli

Pengertian SDM Menurut Para Ahli

1. M.T.E. Hariandja (2002)

Pendapat M.T.E. Hariandja mengenai Sumber Daya Manusia ialah selain modal, salah satu faktor lain yang sangat penting dalam suatu organisasi (institusi atau perusahaan) ialah sumber daya manusia. Makanya sumber daya manusia harus dilatih, dikelola dan dikembangkan dengan baik agar efisiensi dan juga efektivitas suatu organisasi meningkat.

2. Sonny Sumarsono (2003)

Human Recources atau yang dikenal dengan Sumber Daya Manusia memiliki dua pengertian. Pertama, berupa usaha atau jasa kerja yang mampu diterapkan dalam proses produksi. Dengan kata lain seseorang yang bekerja dengan kualitas yang baik dalam periode waktu yang ditentukan sehingga dapat menghasilkan barang atau jasa.

Yang kedua, SDM berkaitan dengan yang pertama, yaitu seseorang yang dapat bekerja (disebut usaha kerja), dan menghasilkan jasa kerja. Mampu/dapat bekerja maksudnya dapat melakukan berbagai macam pekerjaan dengan nilai ekonomis (dengan kata lain menghasilkan barang/jasa).

3. Hasibuan (2003)

Sumber Daya Manusia merupakan suatu kemampuan terpadu yang diperoleh dari kemampuan berpikir dan daya fisik yang dimiliki oleh seseorang. Perilaku dan sifat dipengaruhi oleh lingkungan hidup, sementara prestasi dalam bekerja diperoleh dari dorongan/keinginan untuk mencapai suatu kepuasan.

Sumber Daya Manusia berasal dari pola pikir dan daya fisik, sehingga unsur utama untuk memiliki SDM yang berkualitas bersumber dari diri sendiri, dimulai dari berbagai pekerjaan atau kegiatan yang dapat membuat kita puas sehingga motivasi untuk berkembang semakin tinggi.

Daya pikir seseorang merupakan nikmat alamiah sejak lahir, sedangkan usaha dan pelatihan akan menghasilkan suatu kepintaran (kecakapan). Walaupun sudah banyak Peralatan canggih pada zaman sekarang ini tanpa SDM yang berkualitas tidak akan berguna.

4. CIPD (2005)

Berdasarkan The Chartered Institute of Personnel and Development, SDM merupakansuatu strategi perencanaan, pemeliharaan, pelaksanaan dalam mengelola manusia agar memiliki kineja yang optimal dalam usaha termasuk di dalamnya sebagai pendukung strategi serta pengembangan kebijakan.

5. Mathis dan Jackson (2006)

Sumber Daya Manusia merupakan suatu rancangan sistem-sistem formal yang terdapat dalam suatu organisasi untuk melihat kemampuan atau skill yang dimiliki oleh seseorang secara efisien dan efektif dengan tujuan agar tercapainya tujuan organisasi tersebut.

Fungsi Sumber Daya Manusia

Fungsi Sumber Daya Manusia

1. SDM Sebagai Tenaga Kerja

Man power atau yang disebut dengan tenaga kerja ialah seluruh warga negara yang usianya termasuk dalam usia kerja (di Indonesia biasanya usia kerja 18-60 tahun). Tenaga kerja mampu memberikan jasa kerjanya dalam waktu yang ditentukan untuk menghasilkan produk ataupun jasa yang berguna bagi banyak orang maupun diri sendiri.

2. SDM Sebagai Tenaga Ahli

SDM sebagai tenaga ahli yaitu seseorang berguna jika skillnya digunakan sesuai kemampuan dan bidangnya, seperti tenaga ahli di perusahaan atau institusinya. Sumber daya manusia bersama teknologi sering dijadikan sebagai dasar untuk menjadikan seseorang menjadi tenaga ahli agar mengejar ketertinggalan baik itu pembangunan ekonomi maupun pengembangan teknologi

3. SDM Sebagai Pimpinan

SDM yang dimiliki oleh seseorang dengan skill yan luar biasa ditambah dengan pengalaman yang bagus dalam bekerja dapat berfungsi sebagai pemimpin di dalam suatu organisasi, perusahaan atau yang lain sebagainya.

Sang Pencipta menjadikan manusia sebagai khalifah (pemimpin) di bumi. Karna seorang pemimpin selain mempunyai kehalian, ia mampu mengarahkan semua anggotanya untuk menjadi lebih baik, arti lebaik baik disini ialah dalam hal berorganisasi/kepentingan bersama serta tujuan dalam organisasi tersebut dapat tercapai.

4. SDM Sebagai Tenaga Usahawan

SDM sebagai tenaga usahawan ialah bagi mereka yang mampu melaksanakan suatu pekerjaan secara mandiri untuk menghasilkan suatu produk ataupun dapat berupa jasa yang dapat dipasarkan atau digunakan oleh komsumen (masyarakat). Seorang tenaga usahawan dalam proses produksi harus terjun langsung untuk memanfaatkan skill dan kemampuannya.

5. SDM Dalam Pengembangan IPTEK

SDM dapat digunakan untuk pengembangan IPTEK yaitu bisa menemukan ataupun mengembangkan ilmu-ilmu yang dimiliki oleh seseorang sehingga bisa memajukan diri sendiri atau orang banyak. Perkembangan IPTEK pada saat ini sangatlah modern dan terus menerus dikembangkan oleh para ahli.

Contoh Dari Sumber Daya Manusia

Contoh Dari Sumber Daya Manusia

Contoh dari SDM ialah lulusan SMK/SMA, mahasiswa, ataupun seseorang dengan usia 18 tahun ke atas yangmempunyai skill tertentu dan dapat dikembangkan bisa bekerja di suatu perusahaan atu industri. Contoh yang lain ialah seorang karyawan, para pemimpin, paara tenaga teknisi, para tenaga ahli dan lain-lain.

Leave a Reply

Send this to a friend