• Our Partners:

Apa Itu Surel Berikut Pengertian Surel Beserta Contohnya

Apa Itu Surel? Berikut Pengertian Surel Beserta Contohnya

Saat ini banyak orang yang masih bingung dengan apa itu surel? Hal ini karena surel lebih dikenal dengan sebutan email. Surel sendiri merupakan singkatan dari surat elektronik. Surel kerap dipilih karena biayanya yang murah, pengirimannya yang cepat, mudah dalam membuatnya dan berbagai keuntungan lainnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat pengertian surel beserta contohnya di bawah ini.

Apa Itu Surel?

apa itu surel

Biasanya ketika kamu ingin mengirim atau menerima email, kamu harus membuat alamat surel (email) terlebih dahulu. Kamu bisa membuat alamat surel melalui beberapa developer seperti Microsoft Outlook, Mozila, Thunderbird, Yahoo, dan Gmail.

Nama surel sendiri terdiri dari tiga bagian. Pertama yaitu nama pengguna atau instansi. Kedua yakni icon at “@” dan terakhir yakni domain yang digunakan. Ikon “@” sendiri digunakan untuk membatasi alamat email dan sudah digunakan sejak pertama kali oleh orang yang pertama mengirim email yakni Ray Tomlinson.

Contoh surat elektronik (surel)

Untuk lebih jelasnya, setelah mengetahui apa itu surel? ada baiknya kamu mengetahui beberapa contoh surel. Ada beberapa penyedia email yang bisa kamu coba. Setiap penyedia tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Berikut ini beberapa contoh penyedia email atau surel :

  1. Gmail. Penyedia yang satu ini didukung oleh google. Kelebihan gmail sendiri yakni setiap penggunanya bisa mendapatkan 15 GB penyimpanan gratis. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain gmail.com. Seperti “namakamu@gmail.com”.
  2. Yahoo!. Penyedia email yang satu ini merupakan layanan email yang sudah ada sejak lama dan sudah memiliki banyak penggunanya. Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menyimpan pesan di yahoo sebanyak 1TB secara gratis. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain yahoo. Seperti “namakamu@yahoo.com”.
  3. Mail.com. Penyedia layanan email yang satu ini sudah memiliki lebih dari 2000 alamat yang bisa kamu pilih. Selain itu, setiap penggunanya mndapatkan penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain mail.com. Seperti “namakamu@mail.com”.
  4. Outlook.com. Penyedia layanan email yang satu ini disediakan gratis oleh Microsoft. Biasanya contoh emailnya menggunakan outlook.com. Seperti “namakamu@outlook.com”.
  5. Proton Mail. Penyedia layanan email yang satu ini memiliki email yang terenskripsi menjadi nilai yang menarik sebagai bahan pertimbangan. Biasanya contoh email yang satu ini menggunakan domain protonmail.com. Seperti “namakamu@protonmail.com”.
  6. Tutanota. Penyedia layanan email yang satu ini akan mengamankan surel kamu menggunakan password yang kuat. Setiap penggunanya akan mendapatkan kuota 1 GB untuk penyimpanan. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain tutanota.com. Seperti “namakamu@tutanota.com.
  7. Lycos Mail. Penyedia layanan email yang satu ini menawarkan penyimpanan hingga 500 MB untuk setiap penggunanya. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain lycos.com. Seperti “namakamu@lycos.com”.
  8. Aol Mail. Penyedia layanan email yang satu ini bisa kamu jadikan salah satu pilihan untuk membuat email. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain aol.com. Seperti “namakamu@aol.com”.
  9. Yandex Mail. Penyedia layanan email yang satu ini telah menguji layanannya di Rusia. Kamu akan mendapatkan penyimpanan hingga 10 GB jika menggunakan layanan email yang satu ini. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain yandex.com. Seperti “namakamu@yandex.com.”

Bagaimana cara membuat dan mengirimkan surel?

Setelah mengetahui apa itu surel? Selanjutnya, kamu juga harus paham bagaimana cara membuat serta mengirinkan surel. Hal ini cukup mudah. Pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Gmail atau email di handphone kamu. Berikut ini cara membuat surel yang bisa kamu coba.

  1. Kunjungi salah satu penyedia email (gmail, yahoo, mail.com, outlook.com, proton mail, tutanota, lycos mail, aol mail, yendex mail, merahputih.id)
  2. Isi formulir yang diminta oleh penyedia email. Mulai dari nama depan, nama belakang, nomor telepon, dan tanggal lahir kamu
  3. Harap lakukan konfirmasi pendaftaran jika diminta penyedia email. Biasanya beberapa provider email memerlukan verifikasi nomor telepon.
  4. Selesai. Sekarang kamu sudah memiliki email sendiri.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat akun email di beberapa layanan terkenal seperti Gmail dan Yahoo:

  • Cara membuat akun di Gmail

  1. Buka gmail.com di browser komputer kamu
  2. Klik buat akun
  3. Pilih “untuk diri sendiri”
  4. Lengkapi semua data (nama depan, nama belakang, nama pengguna, dan sandi)
  5. Klik “berikutnya”
  6. Masukkan nomor ponsel yang kamu gunakan
  7. Lengkapi tanggal kelahiran kamu, lalu klik “berikutnya”
  8. Maka kamu akan dibawa ke halaman privasi dan persyaratan. Scroll ke bawah dan klik “saya setuju”
  9. Selesai
  • Cara membuat akun email di Yahoo

  1. Buka Yahoo Mail
  2. Klik “create an account” atau “buat akun”
  3. Isi semua data (nama depan, nama belakang, username/nama pengguna, password, nomor ponsel, dan tanggal lahir
  4. Kemudian klik “continue”
  5. Cek SMS masuk dari Yahoo yang dikirim ke nomor ponsel kamu
  6. Masukkan kode verifikasi dan klik “verify”
  7. Terakhir klik “done” dan kamu akan dibawa ke halaman utama Yahoo Mail

Cara mengirim dan menerima surel

cara mengirim email

Selanjutnya, setelah membuat email sendiri, hal yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui bagaimana cara mengirim surel dan menerima surel. Nah, jika kamu ingin mengirimkan surel, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memasukkan alamat email tujual, subjek dan isi pesan.

Jika kamu ingin mengirimkan dua pesan sekaligus dalam wkatu bersamaan, maka kamu harus memisahkan alamat email pertama dan alamat email kedua menggunakan spasi atau tombol tab pada layar keyboard kamu.

Selanjtunya di bagian eubject, kamu harus menuliskan beberapa kata yang mewakili deskripsi dari isi email yang kamu kirim. Hal ini untuk memudahkan penerima email saat kamu mengirimkannya.

Nah, terakhir, di bagian pentig yakni badan email atau sering disebut “message body”, kamu bisa menuliskan pesan dengan detail. Batasan banyaknya badan email yang bisa kamu tulis biasanya sebanyak 2000 karakter. Selain itu, keuntungannya menggunakan email, kamu juga bisa mengirimkan gambar, dokumen, atau bahkan file audio untuk melengkapi isi pesan kamu. Setelah semuanya selesai, langkah terakhir adalah klik “kirim” atau “send”. Jika pesan kamu sudah terkirim, maka pesan akan masuk ke dalam kolom “pesan terkirim” di aplikasi email.

Keuntungan menggunakan Surel

Di zaman yang modern ini, surat kertas sudah tidak lagi digunakan. Hal ini mengingat pengirimannya yang memakan waktu lama hingga berhari-hari, belum lagi jika kamu menunggu balasan yang juga membutuhkan waktu berhari-hari. Untuk itu, penggunaan surel cukup banyak saat ini karena lebih memberikan banyak keuntungan. Keuntungan menggunakan surel diantaranya :

  1. Pengiriman pesannya gratis dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli prangko.
  2. Dapat menjangkau seluruh dunia. Kamu bisa mengirimkan surat elektronik ke berbagai negara di dunia.
  3. Pengirimannya instan. Tidak membutuhkan wkatu lama.
  4. Dapat melampirkan file dokumen atau gambar.
  5. Bisa disimpan dalam jangka waktu panjang.
  6. Ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas (paperless).
  7. Tidak membutuhkan jasa orang lain (kurir).

Bagaimana? sekarang sudah paham tentang surel kan ? Itulah beberapa informasi tentang surel (surat elektronik) yang bisa kamu ketahui. Mulai dari apa itu surel, berbagai contoh surel, bagaimana cara membuatnya, bagaimana cara mengirimkannya, hingga keuntungan menggunakan surel.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments