• Our Partners:

Google Memblokir Kakao Talk Setelah Melanggar Aturan Pembayaran

Google Memblokir Kakao Talk Setelah Melanggar Kebijakan Pembayaran

NESABAMEDIA.COM – Google Play Store diketahui tengah menghadapi masa sulitnya, karena beberapa platfrom yang memilih untuk tidak setuju dengan kebijakan baru Google. Korea Selatan termasuk negara yang tidak mendapatkan akses dari perbaharuan Kakao Talk di Google Play akibat masalah kebijakan, Rabu (6/7).

Dilansir dari TechCrunch, laporan dari Google menyatakan bahwa mereka telah memblokir proses perbaharuan terbaru dari aplikasi perpesanan instan, Kakao Talk. Layanan ini dihentikan untuk pengguna yang berasal dari Korea Selatan.

Menurut laporan Google, mereka menghentikan layanan perbaharuan dari Kakao Talk, atas ketidakpatuhan platform tersebut dalam kebijakan penagihan Play Store. Kakao Talk melanggar kepatuhan Google dalam biaya berlangganan penggunanya.

Sebelumnya, ketika ingin berlangganan Kakao Talk Premium, pengguna harus membelinya dengan melalui layanan pembayaran di Google. Namun, diketahui sejak 1 Juni kemarin, Kakao Talk memberikan Link eksternal mereka untuk pengguna Kakao Talk, dalam melakukan pembayaran yang tidak terhubung oleh Google.

Maka dari itu, Google menghentikan layanan perbaharuan Kakao Talk di Play Store, atas pelanggaran yang dilakukan oleh layanan perpesanan instan asal Korea Selatan ini. Padahal, kebijakan penagihan ini telah disetujui atas konsesus bersama.

Berlangganan menggunakan Google memang telah lama dilakukan oleh berbagai macam pengguna, dari berbagai macam layanan Platform. Di mana, Google memudahkan penggunanya untuk dapat berlangganan menggunakan kartu kredit/debit, PayPal, Gift Card, dan metode pembayaran pihak ketiga lainnya.

Tetapi di Korea Selatan, Google mengubah kebijakan mereka terkait pembayaran, Google memberikan kemudahan untuk berlangganan melalui Play Store dengan menggunakan metode pembayarn pihak ketiga. Namun, tidak memberikan akses untuk Link eksternal website, yang mana dilakukan oleh platform Kakao Talk.

Laporan lengkapnya dapat anda lihat pada pernyataan Google ini, dari peraturan yang Google umumkan bahwa Kakao Talk mengambil tindakan yang menghapus metode pembayaran Google, dengan menggunakan Link eksternal. Kakao Talk mulai menggunakan metode pembayaran yang berbeda, dihitung sejak 1 Juni 2022.

Kakao Talk sendiri merupakan salah satu platform media sosial yang populer, serta telah mengumpulkan hingga 53 juta pengguna aktif dari seluruh dunia. Keputusan dari Google ini terbilang sedikit rancu, Komisi Komunikasi Korea Selatan menyatakan bahwa keputusan Google untuk memblokir Kakao Talk, merupakan sebuah pelanggaran Undang-Undang Pembayaran pada sebuah aplikasi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend