• Our Partners:

Google Pixel Bikin Baterai Lebih Tahan Lama dan Bikin Pengguna Lebih Aman

NESABAMEDIA.COM – Google meluncurkan sederet update untuk ponsel Pixel yang mengusung sejumlah fitur baru dan peningkatan pada fitur-fitur lama. Dua diantaranya adalah perbaikan performa untuk Battery Adaptive dan penambahan fitur Safety Check untuk keamanan pengguna saat bepergian seorang diri.

Adaptive Battery merupakan fitur penghemat baterai yang menggunakan teknologi AI dan sudah diperkenalkan sejak 2018 lalu oleh Dave Burke melalui event tahunan Google I/O, sebelum akhirnya ditanamkan pada Android Pie.

Fitur itu bekerja dengan cara mengamati kebiasaan anda dalam menggunakan aplikasi. Aplikasi yang sering digunakan mendapat prioritas untuk disimpan di dalam memori, sedangkan yang jarang digunakan akan langsung disingkirkan dari memori begitu anda selesai memakainya.

Cara kerja yang demikian menyuguhkan dua manfaat. Baterai lebih hemat, dan aplikasi-aplikasi yang rutin atau sering digunakan bisa lebih cepat dijalankan ketika anda membutuhkannya.

Kini, Adaptive Battery dibekali dengan kemampuan baru untuk memprediksi kapan baterai akan habis, dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk menyesuaikan aktivitas aplikasi di background sesuai dengan kondisi daya baterai. Sehingga, daya baterai bisa dipertahankan lebih lama.

Untuk Keselamatan Pribadi

Sementara itu, Safety Check bersama dengan Emergency Sharing dan Crisis Alert adalah fitur baru yang ditambahkan sebagai bagian dari Digital Wellbeing.

Cara kerjanya, ketika anda akan bepergian, anda jadwalkan terlebih dulu kapan Safety Check akan muncul dan menanyakan status anda.

Jika pada saat yang ditentukan anda tidak merespon sama sekali dalam waktu 1 menit, maka Safety Check akan mengirim pesan ke semua orang yang anda pilih sebagai kontak darurat beserta dengan lokasi anda saat itu dengan bantuan Google Maps. Manfaat fitur ini sangat besar jika anda sering bepergian jauh atau pada saat anda terpaksa harus pulang larut malam seorang diri.

Mengenai Crisis Alert, fitur ini berfungsi untuk memberitahu anda ketika ada bencana alam atau situasi darurat yang terjadi di sekitar lokasi anda saat itu.

Semua fitur di atas merupakan bagian dari update bulan Juni yang juga mencakup perbaikan celah-celah keamanan. Jika anda masih belum mendapatkan update, tunggu saja. Karena biasanya update dari Google tidak didistribusikan secara serentak ke semua pengguna sekaligus, melainkan secara bertahap. [az/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend