Google “Pixel 5a”

Muncul di AOSP, Google “Pixel 5a” Sudah Siap Meluncur?

NESABAMEDIA.COM – Google sepertinya bersiap merilis sederet ponsel pintar baru tahun ini. Setelah sebelumnya memastikan rencana perilisan Google Pixel 4a pada 3 Agustus. Kali ini seri anyar Google “Pixel 5a” muncul di Android Open Source Project atau AOSP.

Sebelumnya Pixel 4a, insider memang sempat menggemborkan bakal adanya Pixel 5. Menariknya, sebelum Pixel 5 benar-benar dikonfirmasi, seri baru ponsel pintar dari Google justru disebut-sebut sedang dalam proses pengembangan.

Disadur dari 9to5Google, Dylan Roussel mengungkap kemunculan Google “Pixel 5a”. Kemunculan seri ponsel baru ini ditenggarai dengan adanya perbedaan kode di Google Android Open Source Project atau AOSP. Kemunculan ini jelas saja menimbulkan spekulasi bahwa 5a merupakan seri terbaru dari ponsel Google Pixel.

Ini bukan kali pertama perubahan kode di AOSP mengindikasikan adanya seri terbaru dari Google Pixel. Pixel 2 awalnya bocor setelah kemunculan dengan perubahan kode pada AOSP.

Google “Pixel 5a”

Perubahan kode di AOSP ini bahkan sudah menjadi “kebiasaan” tersendiri Google. Hingga akhirnya merilis ponsel dengan versi Android yang sesuai dengan perubahan pada kode.

Belum ada informasi tambahan yang didapatkan mengenai Pixel 5a. Walau Google nyaris bisa dipastikan bakal meluncurkan Pixel 5 pada akhir tahun nanti.

Pixel 5

Google Pixel 5

Sisi menarik lain dari perubahan kode di AOSP, Pixel 4/4a ditunjukan dengan “Q” untuk Android 10. Sedangkan varian 5G dari 4a diprediksi akan dirilsi bersamaan dengan versi 5 pada tahun ini. Keduanya akan mengusung versi Android R terbaru.

Lalu kapan kir-kira Pixel 5a akan dirilis? Sulit diketahui pasti. Beberapa memprediksi 5a akan rilis ditengah-tengah waktu peluncuran atau pemasaran Pixel 5. Seperti yang sebelumnya dilakukan Google untuk perilisan Pixel 3a.

Pixel 5 XL

Google Pixel 5 XL

Selain itu, Pixel 5a bukan satu-satunya varian dari seri ini. Sebelumnya juga bocor untuk tampilan Pixel 5 XL. Walaupun kedua bocoran tampilan untuk Pixel 5 dan 5 XL ini pun belum bisa sepenuhnya mendapatkan konfirmasi.

Tidak ada informasi maupun bocoran yang bisa didapatkan mengenai Pixel 5. Mulai dari fitur sampai spesifikasi. Sehingga memang sulit memperkirakan spesifikasi apa yang akan diusung oleh Google “Pixel 5a”.

Leave a Reply

Send this to a friend