Pengertian Globalisasi Beserta Ciri-Ciri, Contoh dan Karakteristik Globalisasi 

Pengertian Globalisasi

Tahukah kamu apa pengertian dari Globalisasi ? Nah, pengertian globalisasi secara umum yaitu sebuah proses dari integrasi internasional yang bisa terjadi dikarenakan adanya pertukaran pandangan dunia, produk, aspek kebudayaan, pemikiran dan lain-lain.

Apabila dilihat dari arti katanya, kata globalisasi diambil dari kata globalize yang mana memiliki arti menyeluruh atau universal. Dengan menambahkan imbuhan berupa ization, pada suatu kata Globalization.

Arti dari Globalization tersebut adalah sebuah proses yang sedang mendunia. Kesimpulannya adalah arti dari globalisasi yaitu sebuah proses dari sesuatu, bisa merupakan sebuah pemikiran, informasi, teknologi maupun gaya hidup yang sedang mendunia.

Proses dari globalisasi tersebut bisa dipengaruhi dari banyaknya faktor, yaitu seperti pertukaran pelajar, teknologi internet, transformasi, infrastruktur telekomunikasi, dan lain sebagainya. Secara umum, globalisasi juga sangat berhubungan dekat dengan perubahan yang secara menyeluruh pada beberapa bidang seperti industri, ekonomi, gaya hidup dan bidang-bidang lainnya.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Untuk dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan globalisasi. Maka Anda dapat melihat beberapa pandangan dari sejumlah ahli dibawah ini :

1. Laurence E. Rothernberg

Laurence E. Rothernberg beranggapan pengertian dari globalisasi adalah suatu percepatan dari sebuah penggalakan integrasi dan integrasi antar perusahaan, negara lainnya, pemerintah dan sejumlah orang.

2. Martin Albrow

Martin Albrow beranggapan bahwa pengertian dari globalisasi adalah proses pendudul yang menyeluruh dan kemudian terhubung pada sebuah komunitas dunia tunggal atau bisa juga disebut dengan komunitas global.

3. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan beranggapan bahwa pengertian dari globalisasi yaitu sebuah proses yang terdiri dari kasus, penyebab, dan juga resiko dari integrasi secara transnasional dan juga transkultural aktivitas manusia dan yang bukan.

4. Achmad Suparman

Achmad Suparman beranggapan bahwa pengertian dari globalisasi merupakan sebuah proses yang bisa mewujudkan suatu benda ataupun kelakuan sebagai keunikan dari setiap orang yang ada di dunia ini dengan tidak dibatasi oleh wilayah.

5. Anthony Giddens

Anthony Giddens beranggapan bahwa pengertian dari globalisasi adalah penggiatan dari hubungan sosial yang mendunia, yang mana akhirnya akan menghubungkan antara suatu kejadian pada suatu lokasi dengan lokasi yang lainnya, dan juga akan mengakibatkan adanya perubahan pada keduanya tersebut.

Baca Juga : Komponen Kebugaran Jasmani

Ciri-Ciri Globalisasi

Ciri-Ciri Globalisasi

Jika sebelumnya kita telah mengetahui pengertian dari globalisasi dan pengertian globalisasi menurut para ahli, maka kita juga harus perlu mengetahu apa saja ciri-ciri dari globalisasi. Ciri-ciri globalisasi ini dapat ditandai dengan beberapa ciri, yaitu sebagai berikut :

  • Ciri-ciri globalisasi yang pertama yaitu telah terjadinya perluasan dari kegiatan politik, sosial, maupun ekonomi pada wilayah pelosok, benua dan juga regional.
  • Ciri-ciri globalisasi yang kedua yaitu telah terjadinya penggiatan atau peningkatan dan juga ada hubungannya dengan sebuah aliran seperti perdagangan, migrasi, keuangan, investasi dan juga pertukaran budaya.
  • Ciri-ciri globalisasi yang ketiga yaitu telah terjadinya laju dari sebuah interaksi maupun komunikasi yang mendunia dengan adanya sebuah sistem transfortasi yang maju, yang mana akhirnya akan dapat mempercepat dari pertukaran dan difusi sebuah ide, informasi, barang-barang, modal, serta sejumlah masyarakat.
  • Ciri-ciri globalisasi yang keempat yaitu telah terjadi laju intensitas maupun kecepatan dari interaksi global yang akan menyebabkan peristiwa maupun kejadian lokal yang ada di wilayah yang berjauhan bisa menjadi semakin berhubungan.

Contoh Globalisasi Dalam Beberapa Bidang

Contoh Globalisasi Dalam Beberapa Bidang

Perlu kita ketahui bahwa kita tidak akan bisa menghindari proses dari globalisasi yang tengah terjadi. Tetapi, kita bisa meminimalisir atau membatasi efek negatif dari globalisasi tersebut karena dapat merugikan ataupun tidak sesuai dengan budaya kita. dengan begitu kita dapat menyaring dan membuang hal-hal yang tidak baik dari globalisasi tersebut.

Dan berikut ini adalah berbagai contoh dari globalisasi dalam beberapa bidang :

1. Contoh Globalisasi Pada Bidang Sosial

Dengan adanya globalisasi, kehidupan masyarakat secara sosial juga akan mengalami sebuah perubahan, baik itu banyak atau pun sedikit. Dan di bawah ini adalah beberapa contoh dari globalisasi pada bidang sosial :

  • Penggunaan Bahasa Asing, dampak globalisasi pada bidang sosial yang pertama yaitu penggunaan bahasa asing. Pasti kita semua sudah merasakan dampak globalisasi yang satu ini. Seperti contoh masyarakat sekarang ini beberapa sudah pintar berbicara bahasa inggris. Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia pun banyak mempelajari bahasa dari negara lain seperti, Prancis, Mandari, Jepang, Rusia, Arab, dan lain-lain.
  • Adanya kesetaraan Gender, apabila dahulunya wanita-wanita yang ada di Indonesia tidak dianggap dalam sebuah dunia kerja, maka saat ini hal tersebut tidak berlaku lagi. Pada zaman sekarang ini, wanita memiliki hak dan kedudukan yang sama dalam sebuah pekerjaan dan juga dapat memperoleh karir yang baik.
  • Individuaistisnya Masyarakat, hall ini adalah sebuah dampak buruk dari adanya globalisasi pada kehidupan bersosial masyarakat. Karena globalisasi dapat meningkatkan daya persaingan yang ada di masyarakat, yang mana hal tersebut akhirnya akan membuat seorang individu dapat bertingkah semakin individualis.
  • Berkurangnya sifat bergotong-royong, dahulunya Indonesia merupakan negara yang sangat terkenal dengan sikapnya yang saling bergotong-royong, tetapi sekarang semakin bertambahnya waktu sikap tersebut semakin berkurang. Nah, hal inilah yang dimaksud dari dampak globalisasi yang tengah terjadi di masyarakat.
  • Masyarakat Tidak Lagi Sama, hal ini diartikan yaitu di dalam kehidupan masyarakat sudah tidak dimayoritaskan lagi oleh suatu suku tertentu. Contohnya yang ada di Sumatera Utara, masyarakatnya sudah sangat beragam. Yang mana masyarakat-masyarakatnya tidak lagi dimayoritaskan oleh suku Batak, karena sudah tercampur dengan suku-suku yang lain, seperti Melayu, Jawa, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Geografi

2. Contoh Globalisasi Pada Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan, dampak dari globalisasi juga dapat dirasakan bahkan di berbagai negara yang ada di dunia ini. Contohnya yaitu seperti di bawah ini :

  • Mudahnya Memperoleh informasi, dampak positif dari globalisasi di bidang pendidikan yaitu dapat dengan mudah untuk mencari berbagai informasi seputar pelajaran maupun tugas sekolah mereka. Banyak media yang dapat dimanfaatkan seperti media digital dan juga online.
  • Diadakannya pertukaran pelajar, bentuk globalisasi di dunia pendidikan lainnya yaitu kerjasama antar negara pada bidang pendidikan. Dengan begitu antar negara dapat mengirimkan muridnya untuk melakukan pertukaran pelajaran.

3. Contoh Globalisasi Pada Bidang Ekonomi

Pada bidang ekonomi, dampak dari globalisasi juga dapat terlihat. Seperti contoh dibawah ini :

  • Munculnya Online Shopping, semakin canggih zaman maka semakin canggih pula teknologinya. Salah satu dampak globalisasinya yaitu maraknya online shopping. Hal ini merupakan bisnis e-commerce yang sangat populer di Indonesia saat ini.
  • Masuknya Perusahaan Asing, hal ini berarti sejumlah perusahaan asing bisa mengoperasikan bisnisnya dengan baik di Indonesia, dan dapat menguntungkan satu sama lain. Contohnya yaitu McD, KFC, dan lain sebagainya.

Karakteristik Globalisasi

globalisasi

Globalisasi juga memiliki beberapa karakteristik yang dapat ditandai. Cohen dan Kennedy memiliki anggapan karakteristik globalisasi yaitu seperti di bawah ini :

  • Semakin meningkatnya masalah bersama, hal ini dapat dilihat dari hutang luar negeri, orang-orang memilih untuk migrasi dan juga sejumlah pola dari kejahatan internasional.
  • Semakin meningkatnya hubungan kultural antara negara-negara, hal ini dapat dilihat melalui internet dan media lainnya.
  • Konsep dari ruang dan waktu yang berubah, yang mana batas dari teritorial sebuah negara akan semakin memudar, hal tersebut membuat sangat mudahnya penduduk memilih untuk migrasi.
  • Tingkat ketergantungan tinggi yang di miliki oleh sejumlah negara yang ada di dunia,hal ini dikarenakan pasar dan juga produksi ekonomi. Aktivitas dari perekonomian yang telah diselenggarakan secara global dapat mendorong munculnya sebuah organisasi yang bernama WTO (World Trade Organization), organisasi ini merupakan sebuah organisasi pengawas pelaksanaan ekonomi pada perdagangan internasional.

Demikianlah pembahasan mengenai Globalisasi, semoga dengan artikel ini Anda dapat menambah wawasan dan juga dapat membantu Anda memahami tentang apa yang dimaksud dari Globalisasi.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend