Aplikasi Web Browser untuk PC dan Laptop

10+ Aplikasi Web Browser untuk PC / Laptop (Terbaik 2022)

Web Browser merupakan sebuah aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat PC atau laptop untuk melihat konten yang ada pada media World Wide Web (WWW) dengan memanfaatkan jaringan internet.

Web Browser sendiri termasuk aplikasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengambil, menyajikan, serta melintasi berbagai sumber informasi yang ada di dalam jaringan internet (world wide web).

10 Contoh Aplikasi Web Browser

Dengan memanfaatkan Web Browser Anda bisa mendapatkan berbagai sumber informasi, seperti gambar, artikel berita, video, infografis, dan lain sebagainya.

Saat ini sudah banyak bermunculan Web Browser yang dapat Anda nikmati secara gratis, contohnya seperti Opera Browser, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini, kita akan membahas 10 contoh aplikasi Web Browser yang dapat Anda gunakan secara gratis di PC ataupun laptop Anda. Langsung saja, silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Google Chrome

google chrome

Rekomendasi aplikasi web browser yang pertama adalah Google Chrome merupakan salah satu aplikasi web browser yang dinobatkan sebagai web browser terbaik saat ini.  Google Chrome ini juga termasuk aplikasi web browser yang paling populer dan banyak digunakan saat ini baik di perangkat HP ataupun PC.

Google Chrome dinilai sebagai salah satu aplikasi browser tercepat dan menyediakan berbagai macam fitur menarik seperti Google Safe Browsing. Tampilan antarmukanya sangat user friendly, sehingga siapapun yang menggunakan aplikasi web browser ini tidak akan merasa kesulitan.

Selain itu, aplikasi browser ini juga mempunyai fitur penghemat data yang diklaim dapat menghemat data sampai 60% dengan berbagai fitur kompresi seperti teks, video, gambar, dan situs web tanpa menurunkan kualitasnya.

2. Mozilla Firefox

Aplikasi Web Browser untuk PC

Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser terbaik yang cukup cepat, pintar, dan juga memberikan perlindungan privasi kepada para penggunanya sehingga tidak ada satu orang pun yang dapat melacak aktivitas Anda saat berselancar di internet.

Aplikasi web browser Mozilla Firefox juga memiliki tampilan antar muka yang intuitif dan beberapa fitur bermanfaat seperti akses tombol pintas, fitur reader view, fitur pemblokir iklan, pengelola kata sandi, dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi web browser satu ini juga mempunyai fitur sinkronisasi pada semua perangkat baik handphone, PC, laptop, ataupun tablet sehingga para pengguna akan lebih mudah membuka web browser Mozilla Firefox di perangkat lain.

3. Safari

Download Safari Browser

Web browser berikutnya adalah Safari. Aplikasi web browser yang satu ini merupakan produk buatan Apple Inc yang dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat PC atau laptop dan pada 2007 untuk perangkat mobile nya. Aplikasi Safari ini menjadi aplikasi web browser yang sangat populer dikalangan pengguna Apple.

Saat ini, aplikasi Safari hanya dapat Anda gunakan di perangkat Apple saja. Jika Anda menggunakan perangkat Windows, silakan gunakan aplikasi web browser lainnya seperti Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya.

4. Opera Browser

Download Opera Browser Terbaru

Dari beberapa aplikasi web browser terbaik dan tercepat, aplikasi Opera Browser ini termasuk ke dalamnya. Meskipun Opera Browser tidak mendominasi pasar browser secara global seperti aplikasi web browser Google Chrome dan Mozilla Firefox, namun Opera Browser masih menjadi salah satu web browser yang sangat direkomendasikan karena dapat digunakan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Mac OS, bahkan untuk Android sekalipun.

Opera Browser memiliki berbagai macam fitur dan keunggulan, seperti tersedianya VPN gratis, fitur pemblokiran iklan, keamanan yang lengkap, dan juga tersedia berbagai macam Add Ons yang dapat Anda gunakan secara gratis. Bahkan dengan menggunakan web browser satu ini Anda dapat menghemat banyak kuota internet.

5. Microsoft Edge

Aplikasi Web Browser untuk Laptop Terbaru

Jika Anda pengguna Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan web brwoser yang satu ini yaitu Microsoft Edge. Awalnya web browser ini bernama Internet Explorer. Tampilan antarmuka dan beberapa fiturnya pun juga berubah. Salah satunya adalah Anda dapat membagikan artikel yang Anda baca langsung dari browser, seperti ke Twitter, Skype, Facebook, dan lain sebagainya.

Biasanya aplikasi web browser ini merupakan bawaan dari PC ataupun laptop. Jadi, Anda tidak perlu mengunduh web browser lainnya.

6. UC Browser

uc browser

UC browser merupakan salah satu browser terbaik dan sangat populer di kalangan para pengguna handphone. Awal perilisannya pada tahun 2004 yang berasal dari negeri Tiongkok ini mampu memberikan pengalaman berselancar di internet yang lebih baik untuk seluruh dunia.

Meskipun lebih banyak pengguna handphone yang menggunakan aplikasi UC Browser, tidak membuat kualitas di PC ataupun laptop menurun. Dengan menggunakan aplikasi UC Browser ini Anda juga dapat menghemat kuota, hampir sekitar 90 persen kuota Anda akan terpangkas. Bahkan kecepatan download-nya pun tidak diragukan lagi.

7. Torch Browser

torvh browser

Torch Browser merupakan aplikasi web browser yang memang tidak begitu popular, namun fitur-fitur yang dimiliki Torch tidak kalah dengan web browser lainnya. Jika Anda menyukai Bittorent, Anda pasti akan sangat menyukai Torch Browser satu ini. Mengapa? Karena Torch Browser memiliki fitur download built ini.

Bahkan Anda juga dapat memainkan file sebagian dari video dan torrets. Selain itu, Torch Browser dilengkapi dengan alat pemutar musik. Jika Anda ingin mencoba hal yang baru, aplikasi web browser satu ini wajib menjadi pilihan Anda.

8. Maxthon

Aplikasi Web Browser untuk PC Desktop

Mungkin Anda masih asing dengan web browser yang satu ini karena masih jarang sekali yang kenal dengannya. Maxthon merupakan aplikasi web browser yang dirilis di Cina dan juga mengklaim bahwa aplikasi ini memiliki banyak sekali keunggulan, seperti kecepatan akses yang tidak kalah saing dengan web browser terkenal lainnya.

Keunggulan lainnya dari aplikasi web browser Maxthon ini adalah dapat digunakan di berbagai platform, seperti Windows, Linux, MacOs, hingga Android. Tampilan antar mukanya juga sangat friendly, sehingga Anda tidak akan kesulitan mengoperasikannya. Bahkan para penggunanya mengatakan bahwa aplikasi web browser Maxthon ini dapat menghemat memori PC ataupun laptop.

9. Vivaldi

vivaldi

Sama seperti aplikasi web browser sebelumnya, mungkin Anda masih belum kenal dengan web browser Vivaldi yang satu ini. Vivaldi merupakan salah satu rekomendasi browser terbaik dan tercepat yang wajib Anda coba. Web browser Vivaldi ini dirilis pada tahun 2016 oleh seorang mantan CEO Opera Software, yaitu Jon Stephenson.

Awalnya, Vivaldi terbentuk sebagai sebuah komunitas virtual yang menggantikan My Opera yang sudah tidak berjalan pada tahun 2014 lalu. Namun, menurut Jon Stephenson dengan adanya sebuah komunitas sangatlah membantu untuk pengembangan web browser. Itulah mengapa ia membentuk Vivaldi dan membawa semua fitur-fitur serupa dengan Opera yang tentunya lebih inovatif.

10. Flock

flock

Flock browser merupakan web browser yang memiliki spesialisasi pada fitur-fitur penyedia jejaring sosial. Flock juga termasuk salah satu web browser internasional dunia yang menggunakan Mozilla Firefox 3 sebagai basisnya.

Aplikasi web browser Flock ini memiliki berbagai fitur yang menarik. Dan juga dapat memberikan pengalaman berkomunitas sosial Anda di internet sambil browsing.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi aplikasi web browser yang dapat Anda gunakan di PC ataupun handphone. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend