Begini Cara Mengidentifikasi dan Membersihkan Spyware dari HP Anda

Spyware

Sebenarnya ada beberapa definisi mengenai Spyware. Namun definisi yang paling umum adalah, Spyware dapat diartikan sebagai program yang didesain untuk mencuri atau menyadap data penting pengguna seperti password, PIN, email dan data penting lainnya yang bersifat rahasia.

Tidak hanya itu, Spyware juga kadang mencuri informasi browsing pengguna seperti website apa saja yang sering dikunjungi pengguna, informasi login pengguna dan lain sebagainya. Keberadaan Spyware ini sangat merugikan dan berbahaya baik bagi data pengguna maupun perangkat pengguna (di beberapa kasus, Spyware dapat menyebabkan bootloop dan kerusakan sistem).

Melalui artikel di situs resminya, Kaspersky Lab mengategorikan Spyware menjadi empat bagian yakni adware, trojan, tracking cookies, dan system monitor. Beberapa Spyware tersebut memiliki peran masing-masing, diantaranya:

  • Adware merupakan jenis Spyware yang menjadi dalang utama adanya ikan popup yang seringkali muncul dan terbuka sendiri secara otomatis di browser HP korban.
  • Trojan merupakan jenis Spyware yang memiliki tugas merusak sistem HP korban sehingga mengalami hang atau bahkan bootloop.
  • Tracking cookies adalah file susupan yang sengaja ditanamkan di storage HP pengguna sehingga file ini akan merekam atau melacak riwayat browsing korban.
  • Sedangkan System monitor bertugas merekam aktivitas khusus seperti tombol keyboard apa saja yang sering diketik korban , merekam alamat email bahkan password korban .

Bahaya dan Dampak Spyware

Ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan jika HP anda terinfeksi dengan Spyware, diantaranya sebagai berikut:

1. Data penting anda bisa dicuri

Data penting anda bisa dicuri

Anda pasti mempunyai data atau file penting yang terletak di HP anda. Data tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari foto, video, lagu atau bahkan dokumen penting yang tidak sembarangan orang boleh mengaksesnya.

Salah satu bahaya dari Spyware yakni mampu mencuri data atau file penting anda tanpa sepengetahuan anda. Spyware ini bekerja secara menyadap dan sulit terdeteksi (hanya antivirus ampuh yang dapat mendeteksinya).

Tidak hanya mencuri data penting anda, Spyware ini juga mampu mencuri atau mengambil riwayat browsing anda, detail login (email dan password) yang tersimpan di suatu website dan lain sebagainya.

2. Koneksi internet menjadi lambat

Beberapa jenis Spyware yang paling menjengkelkan adalah seringkali menampilkan iklan popup yang sangat mengganggu penggunanya. Tidak hanya itu, iklan popup ini biasanya terbuka sendiri di browser anda, bahkan langsung terbuka sampai 5-10 halaman. Hal ini yang menyebabkan pemakaian internet menjadi tambah boros dan menyebabkan loading internet menjadi lemot.

3. Kinerja android anda mulai menurun

Kinerja android anda mulai menurun

Kebiasaan Spyware yang berjalan di background membuat konsumsi resource menjadi bertambah. Kinerja CPU dan RAM yang tiba-tiba tinggi padahal anda tidak membuka aplikasi apapun. Semua itu ulah dari Spyware yang menjengkelkan.

Di beberapa kasus, Spyware ini juga bisa membuat HP anda mengalami hang atau not responding. Hal ini disebabkan karena semua resouce dipakai oleh Spyware.

4. Kuota internet anda cepat habis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa ulah Spyware ini bisa menyebabkan kuota internet anda cepat habis. Menampilkan iklan popup secara berkala dan aktivitas lain dari Spyware yang membutuhkan koneksi membuat kuota internet anda cepat habis tanpa anda sadari.

5. Terjadi bootlop

Terjadi bootlop

Dampak yang paling parah dari adanya Spyware adalah terjadi bootlop atau kerusakan sistem pada HP anda. Bootloop adalah kondisi dimana HP anda mengalami booting (restart) dan hanya menampilkan logo Android secara berulang-ulang.

Mungkin anda bisa memakai jalan pintas dengan menggunakan fitur format factory yang mengembalikan kondisi HP anda ke kondisi default (settingan pabrik / awal anda membeli). Itupun anda harus mengorbankan data-data penting anda terhapus secara paksa.

Cara Membersihkan Spyware dengan Malwarebytes

Untuk mengecek adanya Spyware sekaligus membersihkannya, anda dapat menggunakan aplikasi Anti-Spyware yang bernama Malwarebytes.

1. Install aplikasi Malwarebytes melalui Playstore. Tinggal ketikkan “Malwarebytes” di kolom pencarian nanti akan muncul aplikasinya, tinggal klik Install dan tunggu hingga selesai.

malwarebytes 0

2. Buka aplikasi Malwarebytes. Tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini, kemudian pilih Get Started.

malwarebytes 1

3. Malwarebytes membutuhkan permission untuk mengakses file-file pada storage HP anda. Hal ini diperlukan untuk mengecek apakah file-file tersebut aman dari spyware atau virus yang lainnya. Maka dari itu, pilih Give permission.

malwarebytes 2

4. Jika muncul warning seperti ini, tinggal pilih Allow.

malwarebytes 3

5. Malwarebytes memiliki 2 versi, yang pertama versi gratis dan yang kedua versi Premium. Berhubung kita menggunakan yang versi gratis, maka pilih SKIP.

malwarebytes 4

6. Anda akan dibawa ke dashboard atau menu utama dari aplikasi Malwarebytes. Untuk memastikan bahwa HP anda aman dari spyware / virus lainnya, maka kita perlu melakukan scanning pada HP anda.

malwarebytes 6

7. Scroll sedikit kebawah, kemudian pilih Run full scan untuk melakukan scanning pada HP anda.

malwarebytes 8

8. Tunggu proses scanning hingga selesai. Lama tidaknya proses ini bergantung pada ukuran dan banyaknya file yang tersimpan di storage HP anda.

malwarebytes 9

9. Proses scanning selesai. Pada HP saya tidak ditemukan adanya spyware maupun virus yang membahayakan.

malwarebytes 10

Malwarebytes cukup ampuh dalam memberantas berbagai macam jenis Spyware. Banyak yang telah memberikan ulasan positif mengenai Malwarebytes. Salah satu review terpercaya mengenai Malwarebytes bisa anda baca disini.

Tips Mencegah Spyware dengan Ampuh

Mencegah tentu saja lebih baik daripada memperbaiki. Sebagai pengguna Android, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar terhindar dari infeksi Spyware yang sangat merugikan dan membahayakan HP anda.

1. Jangan download sembarangan di internet

Jangan download sembarangan di internet

Kegiatan upload dan download menjadi rutinitas harian pengguna internet. Anda mungkin beberapa kali pernah mendownload file gratis di internet. Itupun anda lakukan tanpa rasa khawatir dan enjoy-enjoy saja waktu mendownload file gratis, entah itu lagu mp3, film, video, dokumen dan lain sebagainya.

Kebiasaan mendownload file-file gratis inilah yang menjadi salah satu faktor HP anda terinfeksi oleh Spyware. Mulai sekarang, bijaklah dalam mendownload apapun dari internet dan pastikan apa yang anda download itu aman dan bukan file yang mencurigakan. Pastikan juga anda mendownload file dari situs yang memang terpercaya dan bebas dari virus.

2. Install aplikasi Anti-Spyware

Ada banyak aplikasi Anti-Spyware yang bisa anda gunakan, tentu masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Rekomendasi kami yang pertama adalah Malwarebytes atau anda bisa menggunakan alternatif yang lain seperti AVG atau Avast.

Terpasangnya aplikasi Anti-Spyware dapat meminimalisir adanya Spyware di HP anda. Selain itu, beberapa aplikasi Anti-Spyware juga dibekali dengan fitur RAM cleaner yang bisa anda gunakan untuk membersihkan file-file sampah / junk files yang menumpuk dan tidak berguna.

3. Hindari menginstall aplikasi sembarangan

Hindari menginstall aplikasi sembarangan

Kebiasaan buruk pengguna Android yang lain adalah hobi menginstall aplikasi sembarangan. Aplikasi yang paling sering diinstall adalah aplikasi yang mampu menghasilkan uang secara instan, padahal semua itu bohong. Di dalam aplikasi tersebut biasanya ditanami Spyware atau jenis virus lain yang tentunya berdampak buruk pada HP anda.

4. Jangan membuka email yang mencurigakan

Bukan rahasia umum jika spam email masih saja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sebagai pengguna internet, anda harus lebih bijak dan waspada terhadap email-email masuk di inbox anda.

Jika file tersebut mencurigakan bahkan menggunakan bahasa asing yang tidak anda mengerti, lebih baik langsung dihapus saja. Jangan klik link atau mendownload lampiran yang disertakan dalam email tersebut. Bisa jadi email tersebut telah disusupi Spyware dan berniat mencuri data penting anda.

5. Minimalisir penggunaan aplikasi VPN

Minimalisir penggunaan aplikasi VPN

Aplikasi VPN sering digunakan untuk membuka situs-situs yang diblokir oleh pemerintahan. Ada juga yang menggunakan VPN untuk membuka situs-situs ilegal dan berbahaya.

Tidak semua aplikasi VPN berbahaya dan mengandung Spyware. Ada juga yang aman untuk digunakan. Meskipun begitu, kami sangat menyarankan anda untuk meminimalisir penggunaan VPN agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan adanya artikel diatas, semoga anda lebih berhati-hati lagi beraktivitas di internet agar tidak terinfeksi Spyware yang dapat menimbulkan hilangnya data atau bahkan rusaknya sistem pada HP anda. Senantiasa gunakan aplikasi Anti-Spyware yang kami rekomendasikan agar HP anda tetap dalam kondisi aman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ke kerabat dan teman anda!

Leave a Reply

Send this to a friend