Edge 101 Hadir Dengan PWA Hub dan Peningkatan Profil Default

Edge 101 Hadir Dengan PWA Hub dan Peningkatan Profil Default

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Edge versi 100 telah mulai diluncurkan pada 1 April kemarin, dengan fitur pratinjau PDF ringan dan perlindungan integritas memori. Empat minggu sejak peluncuran tersebut, giliran Microsoft Edge versi 101 yang mencapai ketersediaan umum dengan beberapa fitur baru menarik seperti hub Progressive Web Apps (PWA) dan peningkatan pada peralihan profile default.

PWA Hub telah menjalani masa pengujian sejak awal tahun ini. Secara garis besar, ini bekerja seperti tombol aplikasi di toolbar dan memberikan anda akses cepat ke aplikasi PWA. Ini juga akan mendorong anda memasang aplikasi sebagai PWA dan kemudian mengelompokkan aplikasi PWA dalam sebuah kategori yang nantinya bisa diurutkan dan disaring. 

Anda bisa mengaktifkan tombol aplikasi ini di bagian Appearance di browser Edge. Microsoft telah mengatakan di dalam daftar perubahan bahwa fitur baru ini akan dikirimkan secara bertahap ke perangkat pengguna. 

Browser Edge juga memiliki sebuah kebijakan baru yang bernama EdgeDefaultProfileEnabled, yang memungkinkan anda untuk mengatur profil default ketimbang membuka profil yang terakhir kali digunakan. Ini adalah kemampuan berguna lainnya yang memungkinkan anda beralih sertifikat di sebuah website tanpa harus terlebih dahulu menutup browser.

Untuk organisasi yang mengelola Microsoft Edge dan Internet Explorer secara bersamaan dengan anggota lainnya, kemampuan berbagi cookies kini bisa dikonfigurasi melalui Enterprise Site List Manager. Ada juga kebijakan baru lain yang memungkinkan anda mengatur status default untuk mengizinkan ekstensi dipasang dari toko aplikasi lainnya.

Berikut beberapa kebijakan baru lainnya yang disorot:

  • ConfigureKeyboardShortcuts. Mengkonfigurasi daftar perintah untuk mematikan pintasan keyboard.
  • EdgeAssetDeliveryServiceEnabled. Memungkinkan fitur untuk mengunduh aset dari Asset Delivery Service.
  • InternetExplorerModeEnableSavePageAs. Memungknkan penyimpanan halaman di mode IE.
  • MicrosoftOfficeMenuEnabled. Memungkinkan pengguna untuk mengakses menu Microsoft Office.
  • SiteSafetyServicesEnabled. Memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi layanan keamanan situs.

Seperti biasanya, ada juga peningkatan keamanan dalam versi baru ini. Rilisan kali ini menambal dua kerentanan keamanan yang terkait dengan peningkatan hak akses dan spoofing. Anda bisa secara manual memicu pembaruan ke versi baru Edge ini dengan mengklik menu tiga titik di pojok kanan atas, dan kemudian buka Help and Feedback → About Microsoft Edge.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend