Seperti Apa Task Manager di Windows 11 22H2

Seperti Apa Task Manager di Windows 11 22H2?

NESABAMEDIA.COMWindows 11 22H2 tidak memiliki fitur yang benar-benar inovatif, meskipun ada beberapa peningkatan kualitas di sana-sini. Namun, ada satu perubahan besar dalam versi sistem operasi ini, yakni Task Manager baru dengan WinUI, Fluent Design, Mica dan lainnya. 

Task Manager yang baru bukanlah perombakan total dari aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Bagian beranda telah didesain ulang dengan tab Processes, Performance, dan Network yang biasanya berada di bagian atas aplikasi telah dipindahkan ke bagian samping. Pasalnya, Microsoft ingin membuat Task Manager menjadi lebih ramah untuk perangkat tablet serta memberi kesan modern. 

Jendela Task Manager kini menggunakan bahan tembus pandang baru bernama Mica. Sebagai informasi, Mica adalah bahan desain baru yang bertujuan untuk menyelaraskan warna latar belakang jendela aplikasi atau bilah judul dengan latar belakang desktop, untuk menghasilkan hierarki warna yang indah. 

Material Mica yang digunakan pada Task Manager bukanlah efek transparan atau tembus pandang. Dengan kata lain, jika anda memiliki Task Manager yang sedang terbuka di atas aplikasi lain seperti Paint, Windows 11 masih akan menerapkan tema warna latar belakang desktop ke bilah judul dari Task Manager. 

Ini tidak akan memakan banyak sumber daya dan menurunkan kinerja, menurut apa yang diungkapkan oleh pihak Microsoft. Mereka meyakini bahwa kinerja masih menjadi prioritas utama untuk perombakan Task Manager di Windows 11 dan mereka ingin memastikan bahwa semua fungsionalitas baru ini, benar-benar sangat cepat. 

Selain tata letak tab dan desain yang baru, Microsoft juga telah memindahkan tindakan umum seperti membuat tugas baru, mengakhiri tugas dan lainnya ke bagian atas. Tindakan umum ini akan berubah ketika anda beralih antar tab di Task Manager.

Secara keseluruhan, desainnya mungkin mirip dengan iterasi saat ini, namun latar belakangnya kini mendukung mode gelap dan ada sudut membulat di mana-mana. Ini adalah langkah lain dari Microsoft untuk membawa Task Manager menjadi semakin selaras dengan visi perusahaan atas sebuah antarmuka yang terlihat modern dan menarik. 

Fitur Ramah Kinerja

Pembaruan paling penting di Task Manager adalah Efficiency Mode, yang merupakan cara baru untuk memastikan anda memiliki kendali atas proses tertentu.

Dengan mode ini, anda bisa mengurangi tekanan pada CPU dengan meminimalkan penggunaan sumber daya sistem berbasis proses. Ini berujung pada responsivitas foreground yang lebih cepat, dan penghematan daya yang lebih baik. 

Efficiency Mode di Task Manager memanfaatkan EcoQos dan membatasi penggunaan sumber daya dengan mengurangi prioritas proses. Ketika prioritas dari proses tersebut dikurangi, aplikasi yang bergantung pada proses itu tidak akan dimatikan. Aplikasi masih akan berada di latar belakang dan memungkinkan aplikasi atau proses yang lebih penting berjalan secara efisien di CPU. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend