Panduan Cara Install Mendeley di Microsoft Word untuk Pemula

Tutorial cara install mendeley di microsoft word untuk membuat daftar pustaka secara otomatis dan terperinci

Apabila Anda pernah membuat sebuah makalah, jurnal, paper, maupun skripsi, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak Mandeley, bukan ? Ya, mandeley sangat berguna untuk kita yang ingin membuat daftar pustaka dari sebuah karya ilmiah. Karena penggunaannya yang otomatis, terperinci dan juga sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi ini juga dapat kita nikmati secara gratis di komputer.

Membuat daftar pustaka atau sitasi akan sangat merepotkan jika kita ketik secara manual. Karena format daftar pustaka dan sitasi tersebut memiliki kaidah dan caranya tersendiri. Ada berbagai macam style untuk membuat sitasi dari sebuah karya ilmiah. Contohnya yaitu American, harvard dan lain sebagainya. Nah, dengan menggunakan Mendeley, kita dapat membuat sitasi dan daftar pustaka dengan sangat mudah.

Cara Install Mendeley di Microsoft Word

Mandeley merupakan suatu software yang dapat mengolah dan memanajemen berbagai referensi yang ada di karya ilmiah kita. Melalui aplikasi ini, kita akan sangat terbantu ketika akan membuat sebuah sitasi maupun mengolah referensi-referensi yang ada didalam sebuah karya ilmiah.

Untuk penggunaannya, mandeley merupakan aplikasi yang sangat mudah untuk dioperasikan. Karena hanya memerlukan satu klik saja untuk membuat daftar pustaka maupun sitasi pada karya ilmiah.

Didalam mandeley juga sudah mempunyai fitur-fitur yang bisa mendukung penelitian yang akan kita gunakan yaitu mandeley mempunyai fungsi utama yakni dapat mengelola penulisan dari daftar pustaka, mengatur catatan kaki, kutipan kedalam berbagai format tertentu. Serta Mandeley juga dapat dijadikan sebagai alat pencarian yang bisa mendownload referensi yang ada. Banyak manfaat dan keunggulah lainnya dari Mandeley yang perlu Anda ketahui.

Apabila Anda sedang membuat sebuah karya ilmiah, Anda wajib menginstall aplikasi ini. Karena aplikasi ini akan sangat membantu Anda dalam menulis karya ilmiah dengan lebih terstruktur. Berikut cara menginstall Mandeley di Word.

1. Untuk mendownload installer Mandeley, ketikkan mandeley pada mesin pencari Google. Kemudian klik link pertama dari hasil pencarian tersebut.

mandeley

2. Maka akan muncul tampilan seperti ini. Klik button Download Mendeley Dekstop for Windows yang berwarna merah untuk mendownload file installer Mendeley.

mandeley

3. Jika installer sudah terdownload, kemudian klik dua kali pada installer mendeley tersebut.

Cara Install Mendeley di Microsoft Word

4. Maka akan muncul jendela Setup Wizard dari aplikasi mendeley. Klik tombol Next untuk melanjutkan mengatur setup aplikasi Mendeley.

mandeley

5. Selanjutnya klik tombol I Agree pada persetujuan lisensi yang dipaparkan oleh aplikasi Mendeley.

mandeley

6. Selanjutnya memilih lokasi installasi folder untuk mendeley. Biarkan saja folder yang diberikan secara default. Kemudian klik tombol Next.

Cara Install Mendeley di Microsoft Word 2016

7.  Klik tombol Install untuk menginstall aplikasi Mendeley di komputer Anda.

mandeley

8. Tunggulah beberapa saat sampai aplikasi berhasil di install. Kemudian jika sudah berhasil diinstall, bukalah aplikasi Mendeley. Dan masuk ke akun mendeley Anda. Jika Anda belum memiliki akun, maka disarankan untuk mendaftar terlebih dahulu. Karena jika tidak, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi mendeley ini. Apabila sudah mengetikkan email dan password mendeley. Klik tombol Sign In untuk masuk ke dalam akun mendeley.

mandeley

9. Seperti inilah tampilan aplikasi Mendeley. Untuk menginstallnya ke aplikasi microsoft Word, Anda harus masuk ke menu Tools. Kemudian klik button Install MS Word Plugin. Tunggu beberapa saat sampai Mandeley berhasil terpasang di MS word.

Cara Install Mendeley di Microsoft Word 2013

10. Jika sudah berhasil terinstall, maka akan muncul notifikasi seperti ini. Klik tombol OK. Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan Mandeley di MS Word.

mandeley

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara menginstall Mandeley di Word. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend