2 Cara Memperbarui Layanan Google Play (Google Play Services) di Android

Apa itu layanan Google Play? Bagi anda yang sekarang menggunakan hp android pasti tidak akan asing dengan istilah Google Play Service. Biasanya istilah inilah yang terkadang membuat mereka khawatir ketika mengalami masalah karena bisa menyebabkan aplikasi mengalami gangguan.

Namun sebenarnya apa sih layanan Google Play? Google Play Service merupakan aplikasi yang akan berjalan ketika kita membuka aplikasi tersebut. Aplikasi ini sudah terpasang secara default di semua perangkat android.

Jadi, anda tidak perlu mendownload atau menginstal Google Play Service karena sudah ada di smartphone android yang anda miliki. Selain itu, aplikasi ini juga secara rutin akan melakukan pembaruan yang tujunnya tidak lain adalah untuk meningkatkan performa dan semakin memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengguna android.

Layanan Google Play juga membutuhkan izin yang cukup banyak, seperti mengakses data sensitif, SMS, maupun juga mengakses seluruh informasi yang merupakan aplikasi Google.

Cara Memperbarui Layanan Google Play (Google Play Service)

Baik layanan Google Play dan sistem android merupakan dua hal yang saling berhubungan. Jadi, anda tidak bisa memisahkan atau mengabaikan Google Play Service. Artinya, anda harus tetap mengontrol apakah layanan Google Play bekerja dengan baik.

Cek juga apakah pembaruannya tetap berjalan secara rutin karena dikhawatirkan tiba-tiba Google Play Service anda tidak dapat anda perbarui. Berikut cara memperbarui layanan Google Play (Google Play services) di HP anda.

Cara Pertama : Download Langsung dari Play Store

1. Masuk ke menu Settings pada HP anda. Kemudian pilih Apps & notifications. Tampilan pada HP saya mungkin berbeda dengan HP anda, tapi setidaknya kurang lebih sama.

Cara Memperbarui Layanan Google Play

2. Setelah itu pilih See all apps.

memperbarui layanan google play service 2

3. Scroll ke bawah dan cari aplikasi yang bernama Google Play services.

cara mengatasi aplikasi ini tidak akan berjalan tanpa layanan google play

4. Setelah itu scroll paling bawah dan pilih App details.

memperbarui layanan google play service 4

5. Jika layanan Google Play anda belum diperbarui, nanti akan muncul tulisan Update. Sedangkan pada HP saya, layanan Google Play nya sudah versi terbaru jadi tulisan Update tidak muncul.

cara memperbarui layanan google play di hp samsung

Cara Kedua : Download dari APKPure

1. Untuk memperbarui layanan Google Play services, bisa juga dengan mendownload versi terbarunya melalui link berikut ini. Setelah itu pilih Download APK.

memperbarui layanan google play service 6

2. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini di browser, tinggal pilih OK.

memperbarui layanan google play service 7

3. Tunggu proses download hingga selesai. Kemudian install file APK seperti biasanya. Jika belum tahu cara instalasi file APK, selengkapnya bisa dicek disini.

memperbarui layanan google play service 8

Apa Fungsi Google Play Service?

Setelah anda paham tentang pengertian layanan Google Play. Sekarang anda juga haru tahu tentang apa fungsi yang terkandung di dalamnya dan apakah memang layanan ini begitu penting. Salah satu kegunaan dari Google Play Service adalah pengguna bisa menggunakan aplikasi dengan versi paling baru tanpa perlu menunggu pembaruan dari sistem operasi android. Maksudnya, ketika anda hendak memperbarui aplikasi, maka anda tinggal masuk ke Play Store dan langsung melakukan update.

Anda tidak perlu harus mengupdate sistem operasi anda untuk bisa mengupdate aplikasi yang anda inginkan tersebut. Selain itu, Google Play Service juga menyediakan komponen yang lainnya seperti otentikasi Google Service, sinkronikasi kontak, maupun juga akses terhadap semua pengaturan pribadi.

Salah satu contohnya adalah Google Maps. Sebelum kedatangan Google Play Service, ketika anda ingin mengupdate Google Maps, maka anda harus menunggu ada pembaruan sistem oprasi android anda. Jika tidak ada, maka sudah pasti anda tidak bisa melakukan update. Namun sayangnya hanya beberapa vendor hp android yang meluncurkan pembaruan sistem operasi android dengan cepat. Ketika Google Play Service hadir, maka permasalahan tersebut bisa langsung diatasi.

Meskipun begitu, kehadiran Google Play Service ternyata masih belum bisa dirasakan oleh semua aplikasi yang ada di Play Store. Kebanyakan hanya aplikasi yang merupakan buatan Google, seperti Google Play, Google+, Gmail, dan aplikasi buatan Google yang lainnya.

Itulah tutorial cara memperbarui layanan Google Play (Google Play services) di HP anda dengan mudah. Semoga bermanfaat dan mudah diterapkan!

Leave a Reply

Send this to a friend