• Our Partners:

Cara Menambahkan Metadata pada Gambar di Windows 10

Cara Menambahkan Metadata pada Gambar di Windows 10

NESABAMEDIA.COM – Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui apa itu metadata. Apa itu metadata? Metadata ialah informasi yang terdapat dalam suatu file baik itu gambar, video, dokumen yang isinya berupa penjelasan tentang file tersebut.

Inti dari metadata ini ialah memberikan informasi secara keseluruhan tentang suatu file. Windows memungkinkan Anda menghapus beberapa informasi dari file tersebut.

Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa suatu file memiliki banyak informasi yang mencakup author, rating, tags, date taken dan masih banyak lagi tergantung dari file tersebut. Lalu, apakah informasi tersebut bisa ditambahkan? Tentu saja Anda bisa mengisi informasi tersebut agar lebih mudah dibaca.

Nah, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan karena windows sendiri telah menyediakan cara yang cepat untuk menambahkan metadata tersebut. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Cara Menambahkan Metadata pada Gambar di Windows 10

Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan cara menambahkan metadata pada sebuah gambar. Berikut penjelasannya.

1. Hal yang harus dilakukan pertama kali ialah Anda harus mengakses metadata dari file gambar tersebut. Klik kanan pada gambar tersebut, lalu pilih menu properties.

Cara Menambahkan Metadata pada Gambar

2. Setelah menu properties terbuka, klik tab details untuk melihat rincian informasi dari gambar tersebut.

Cara Menambahkan Metadata pada Gambar

3. Kemudian, Anda bisa menambahkan informasi pada metadata gambar tersebut. Anda dapat menambahkan informasi pada bagian pertama yaitu Description. Cara menambahkan informasi tersebut ialah dengan klik pada menu value yang sebelah kanan, lalu ketik atau edit informasi yang baru. Perhatikan gambar di bawah ini.

3-value

4. Pada menu origin, yang memuat informasi authors, data taken, program name, data acquired, dan copyright. Satu-satunya bagian yang tidak dapat Anda edit ialah program name.Cara Menambahkan Metadata pada Gambar

5. Selanjutnya, pada menu camera. Disini Anda bisa menambahkan informasi yang rasanya penting untuk dimasukkan. Ketika metadata telah ditambahkan, jangan lupa klik OK.5-camera

Bagaimana, mudah bukan? Begitulah cara menambahkan metadata pada sebuah gambar atau foto. Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa kita perlu menambahkan metadata. Seperti pada bagian camera, kita bisa memasukkan dengan kamera apa kita memotret gambar tersebut.

Lalu, apa gunanya informasi ini? Salah satu kegunaannya ialah jika menggunakan layanan OneDrive, ada fitur dimana Anda bisa mencari gambar melalui informasi metadata, tidak hanya melalui tags visual, tetapi juga melalui tags yang Anda masukkan secara manual. Jika penasaran, silahkan mencoba tutorial di atas. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend