Windows 11 Subsystem for Android Kini Bisa Gunakan Alamat IP VPN

Windows 11 Subsystem for Android Kini Bisa Gunakan Alamat IP VPN

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah merilis sebuah pembaruan untuk Windows Subsystem for Android, memungkinkan semua pengguna Insider Windows 11 untuk menggunakan alamat IP VPN Mereka dengan aplikasi Android. 

Di bulan Mei lalu, Microsoft memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Advanced Networking ke build Windows 11 di saluran Pengembang, yang menjadikan Windows Subsystem for Android sebagai mesin virtual dan membagikan alamat IP yang sama. 

Dengan menghapus Network Address Translation dan membawa mesin virtual untuk menjadi host alamat IP, aplikasi Android kini bisa melakukan komunikasi dengan perangkat lain di jaringan yang sama, seperti kamera IP, perangkat streaming audio, atau bermain game multiplayer di dalam LAN yang sama. 

“Pengaturan ini memungkinkan aplikasi Android untuk terhubung dengan perangkat lain di jaringan yang sama dengan perangkat PC anda. Ketika pengaturan ini diaktifkan, anda bisa memainkan konten secara nirkabel. Misalnya, anda bisa memainkan musik pada speaker yang telah terhubung di jaringan yang sama, atau menghubungkan sebuah perangkat keras seperti kamera keamanan dengan aplikasi Android yang kompatibel,” bunyi dokumentasi pada fitur WSA Advanced Networking. 

Aplikasi Android Kini Bisa Gunakan IP VPN

Microsoft kemarin mengumumkan bahwa Windows Subsystem for Android (WSA) versi 2205.40000.14.0 kini telah tersedia untuk semua pengguna Insider Windows 11 dengan tambahan fitur baru. 

Fitur yang paling disorot adalah kemampuan bagi mesin virtual WSA untuk menggunakan alamat IP dari jaringan VPN desktop anda. Dengan fitur baru ini, pengguna bisa terhubung ke jaringan VPN di desktop dan memungkinkan aplikasi Android untuk melewati penyensoran oleh kebijakan pemerintah setempat, mengakses konten yang dikunci per wilayah, atau meningkatkan privasi dengan tetap anonim di internet.

Agar fitur ini bisa bekerja, fitur Advanced Networking harus diaktifkan di dalam pengaturan WSA. Sayangnya, ketika dilakukan pengujian mandiri, WSA tidak lagi bisa bekerja jika terhubung ke jaringan NordVPN, yang mengindikasikan bahwa mungkin masih ada bug yang terkait dengan aplikasi VPN tertentu. Untuk bisa menggunakan WSA kembali, pengguna harus mematikan jaringan VPN dan mereset WSA. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend