• Our Partners:

Cara Mengatasi Disk 100% Windows

7 Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10 (Dijamin Berhasil)

NESABAMEDIA.COM – Anda merupakan pengguna Windows 10? Tidak bisa kita pungkiri bahwa Windows 10 merupakan sistem operasi Windows paling terbaru dan tentunya memiliki banyak kelebihan dibandingkan para pendahulunya.

Sistem operasi Windows 10 masih mendapatkan update yang membuat sistem operasi ini kinerjanya semakin maksimal. Meskipun begitu, bukan berarti para pengguna Windows 10 tidak lepas dari masalah.

Ada salah satu masalah yang dialami oleh para pengguna sistem operasi Windows 10. Salah satu masalah yang muncul adalah disk usage 100%. Masalah seperti ini tentunya tidak boleh dibiarkan. Harus ada solusi dan tindakan agar masalah disk 100% ini tidak muncul kembali.

Cara Mengatasi Disk Usage 100% di Windows 10

Setelah anda mengetahui apa saja yang menyebabkan disk usage 100% Windows 10, sekarang kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Setelah itu, kami yakin permasalahan 100% disk usage ini bisa anda atasi dan anda bisa menggunakan laptop atau komputer anda dengan normal. Berikut tujuh solusi untuk cara mengatasi disk usage 100% di Windows 10 dengan mudah.

Catatan: Saya sarankan anda mencoba solusi dibawah ini satu per satu, jangan diloncati ya. Misal solusi pertama tidak berhasil, dilanjut dengan mencoba solusi kedua dan seterusnya.

Solusi 1 : Matikan Windows Update

Salah satu penyebab disk yang mencapai 100% adalah fitur Windows Update yang running dimana pada beberapa laptop atau komputer, Windows Update terkadang memakan banyak porsi tinggi di harddisk anda. Maka dari itu anda perlu menonaktifkannya.

1. Ketikkan local group policy pada Start Menu. Selanjutnya buka Edit group policy.

Mengatasi Disk 100% Windows 1

2. Setelah  itu masuk ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update. Setelah itu anda klik 2X pada Configure Automatic Updates.

cara mengatasi disk usage 100% di Windows 10

3. Setelah itu anda pilih Disabled kemudian pilih Apply. Setelah itu restart laptop atau komputer anda.

Mengatasi Disk 100% Windows 3

Solusi 2 : Matikan Service Superfetch (SysMain)

Superfetch atau yang sekarang dinamakan SysMain merupakan fitur Windows yang bertugas untuk memonitor penggunaan memory pada aplikasi-aplikasi yang terinstall. SysMain ini berjalan di background sehingga anda tidak menyadari bahwa fitur ini memakan banyak resource laptop anda.

1. Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan services.msc lalu tekan Enter.

cara mengatasi disk 100% di Windows 10

2. Kemudian anda cari service yang bernama SysMain. Selanjutnya klik 2X service tersebut.

Mengatasi Disk 100% Windows 5

3. Klik Stop untuk menghentikan proses SysMain yang masih berjalan. Kemudian pada Startup type, anda pilih Disabled. Kemudian pilih Apply > OK. Terakhir restart laptop atau komputer anda.

Mengatasi Disk 100% Windows 6

Solusi 3 : Matikan Service Windows Search

Fitur Windows Search disediakan oleh Windows untuk mempermudah pengguna dalam mencari file, folder, aplikasi atau pengaturan pada Windows anda. Pada beberapa kasus, fitur Windows Search ini malah membebani kinerja laptop anda, maka dari itu anda perlu menonaktifkannya.

1. Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan services.msc. Kemudian tekan Enter.

cara mengatasi disk 100% windows 10

2. Setelah itu anda cari service yang bernama Windows Search. Kemudian klik 2X pada Windows Search.

Mengatasi Disk 100% Windows 7

3. Setelah itu klik Stop dan tunggu beberapa detik. Setelah itu pilih Disabled pada opsi Startup type dan terakhir pilih Apply > OK. Terakhir restart laptop atau komputer anda.

Mengatasi Disk 100% Windows 8

Solusi 4 : Cek Konfigurasi Defragment

Defragment bertugas untuk menggabungkan file-file terfragmentasi pada harddisk anda dimana fitur ini akan membantu pengguna dalam mencari file atau folder di Windows Explorer dengan cepat. Namun terkadang, fitur Defragment yang terjadwal secara otomatis ini malah menyebabkan disk 100% pada Windows anda.

1. Buka Task Scheduler melalui Start Menu.

Mengatasi Disk 100% Windows 9

2. Setelah itu masuk ke folder Task Scheduler Library > Microsoft > Windows. Kemudian anda klik ikon > pada folder Windows.

cara mengatasi disk usage 100% di Windows 10

3. Cari folder Defrag kemudian anda klik SchedulerDefrag. Kemudian anda pilih End dan tunggu beberapa saat. Selanjutnya pilih Disabled. Terakhir restart laptop atau komputer anda.

Mengatasi Disk 100% Windows 11

Solusi 5 : Lakukan Scanning dengan Malwarebytes

Disk 100% juga bisa disebabkan adanya virus atau malware pada laptop anda. Maka dari itu, anda perlu melakukan scanning pada laptop anda. Disini saya menyarankan anda menggunakan Malwarebytes.

Download Malwarebytes melalui link ini kemudian install seperti biasa. Selanjutnya lakukan scanning dan tunggu beberapa saat sampai Malwarebytes selesai scanning.

Mengatasi Disk 100% Windows 12

Solusi 6 : Install Ulang Windows

Mengatasi Disk 100% Windows 13

Jika kelima solusi sebelumnya belum juga mengatasi permasalahan disk 100% pada laptop anda. Maka saran saya selanjutnya bagi anda adalah melakukan install ulang Windows anda.

Saya sudah membahas tuntas mengenai langkah-langkah instalasi Windows, baik itu Windows 7, 8 maupun 10. Klik link dibawah ini untuk membacanya:

Solusi 7 : Ganti dengan SSD

Mengatasi Disk 100% Windows 14

Ini solusi terakhir yang bisa saya berikan. Saya merekomendasikan bagi anda untuk mengganti HDD dengan SSD. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi pada SSD jauh lebih canggih ketimbang HDD.

Laptop saya juga pernah mengalami disk 100%. Kebetulan saya menggunakan laptop ASUS ROG GL503GE dengan HDD biasa. Meskipun memiliki spesifikasi yang tinggi, awal buka desktop saja, status Disk sudah mencapai 100% padahal belum saya pakai beraktivitas.

Berbagai cara sudah pernah saya coba namun hasilnya nihil, Untuk itu saya putuskan untuk menggganti HDD saya dengan SSD.

Namun bukan berarti keenam yang sudah saya jelaskan diatas tidak akan berhasil ya. Karena banyak juga teman saya dan pembaca Nesabamedia yang berhasil mengatasi masalah disk 100% dengan salah satu solusi yang saya berikan.

Penyebab Disk 100% Usage Di Windows 10

Lalu apa sebenarnya yang mengakibatkan masalah disk 100% usage ini? Beberapa permasalahan umum yang biasanya dialami oleh para pengguna Windows antara lain:

1. Virus

Penyebab disk 100% adalah karena komputer atau laptop yang terinfeksi virus. Virus bisa menyerang kapan saja tanpa kita sadari. Komputer atau laptop anda bisa terinfeksi virus, baik ketika dalam kondisi offline maupun online.

Untuk virus yang bersifat ringan mungkin akan langsung diatasi oleh aplikasi antivirus anda. Namun bagaimana jika ternyata virus tersebut terlalu ganas atau perangkat anda malah tidak dilengkapi dengan antivirus?

Akibatnya, virus tersebut bisa menyebar dengan bebas. Maka dari itu, pentingnya antivirus terpasang di komputer maupun laptop anda. Aplikasi antivirus tersebut nantinya yang akan mengatasi virus yang masuk ke komputer atau laptop.

Jangan lupa untuk mengupdate antivirus anda secara rutin. Selain itu, sebenarnya sistem operasi Windows 10 sudah memiliki antivirusnya sendiri yaitu Windows Defender. Melalui Windows Defender inilah semua masalah virus atau malware tersebut dapat diatasi.

2. Kerusakan Hardware

Masalah kedua bisa karena hardware atau perangkat komputer atau laptop yang mengalami masalah. Untuk mengatasi masalah hardware ini harus diatasi oleh orang yang benar-benar paham karena jika tidak dikhawtirkan malah membuat perangkat anda semakin bermasalah.

Jadi, kami sarankan agar anda membawa ke tempat service atau orang yang memang paham mengatasi masalah 100% disk usage ini jika berasal dari hardwareya.

3. Bug Di Sistem Operasi

Penyebab disk 100% juga bisa berasal dari bug yang ada pada sistem operasi tersebut. Biasanya untuk mengatasi masalah bug, Windows 10 atau aplikasi apapun akan meminta melakukan update. Maka dari itu, anda harus mengupdate sistem operasi anda untuk meningkatkan performa dan menghilangkan bug.

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang cara mengatasi disk usage 100% di Windows 10. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Send this to a friend