Cara Setting BIOS Agar Booting

Begini Cara Setting BIOS Agar Booting dari Flashdisk dengan Mudah

BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System yang merupakan perangkat lunak komputer dengan peran yang sangat besar. Karena saking besarnya peran yang dimiliki BIOS bisa mempengaruhi kinerja komputer jika sampai BIOS mengalami masalah.

Jika BIOS tidak ada, sudah dipastikan bahwa komputer atau laptop tidak akan bisa digunakan sama sekali. Meskipun BIOS memiliki peran penting dalam sistem komputer, namun nyatanya tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Akan tetapi, hal seperti ini masih bisa dianggap wajah mengingat BIOS jarang sekali dioperasikan untuk kebutuhan sehari-hari. BIOS baru digunakan hanya dalam kondisi tertentu saja, seperti ketika anda ingin melakukan cara setting BIOS agar booting dari flashdisk. Lalu sebenarnya BIOS itu apa? Dan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan adanya BIOS?

Cara Setting BIOS Agar Booting dari Flashdisk

BIOS memang berperan penting untuk mengetahui dan mengontrol apa saja perangkat yang terkoneksi atau tersambung ke komputer. Ada perbedaan mendasar antara BIOS dengan aplikasi pada umumnya.

Jika aplikasi umum seperti aplikasi edit foto biasanya diinstal di media penyimpanan (harddisk), namun BIOS diinstal di dalam sebuah chip khusus yang dinamakan CMOS. Berikut langkah-langkah cara setting BIOS agar booting dari flashdisk.

1. Tancapkan flashdisk pada laptop atau komputer anda. Setelah itu, restart laptop atau PC anda.

2. Tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk BIOS. Tombol paling umum yang bisa anda gunakan untuk masuk BIOS adalah DEL, F1, F2, F10 atau Fn+F2, tergantung jenis laptop dan motherboard anda.

3. Anda akan melihat tampilan BIOS yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Tampilan BIOS ini mungkin berbeda dengan punya, tergantung versi BIOS yang digunakan. Setelah itu, arahkan ke tab Boot menggunakan tombol ◄ ►.

Tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk BIOS

4. Pada menu Boot bahwa yang berada diurutan pertama adalah Hard Drive. Dengan kata lain, laptop atau PC anda akan melakukan booting pertama kali dari harddisk.

Cara Setting BIOS Agar Booting dari Flashdisk

5. Agar laptop anda booting pertama kali dari flashdisk, maka anda perlu menempatkan Removable Devices ke urutan pertama. Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih Removable Devices kemudian menggesernya menggunakan tombol +/- sampai urutannya di posisi teratas.

memilih Removable Devices

Catatan:

Oh ya, biasanya BIOS langsung mendeteksi flashdisk anda sesuai merk flashdisknya misal USB Kingston atau Thosiba bukan dengan nama Removable Devices.

6. Untuk menyimpan setting yang telah anda lakukan, pindah ke tab Exit, pilih Exit Saving Changes kemudian pilih Yes. Atau anda bisa langsung menekan tombol F10, kemudian pilih Yes.

pilih Exit Saving Changes

7. Tekan sembarang tombol untuk memulai booting.

Tekan sembarang tombol untuk memulai booting

8. Akan muncul tampilan awal instalasi windows 10 seperti gambar dibawah ini.

Cara Setting BIOS Agar Booting dari Flashdisk

Fungsi BIOS

Setelah mengetahui pengertian BIOS, maka berikut ini kami akan menjelaskan beberapa fungsi dari BIOS. Dengan begitu anda tahu bahwa software ini memang mempunyai peran penting yang menentukan seberapa baik kinerja komputer. Bahkan bisa menjadi sebab komputer maupun laptop anda tidak bisa bekerja sama sekali alias mati.

1. Menjalankan POST

Fungsi pertama dari BIOS adalah untuk menjalankan sebuah perintah yang dinamakan POST. POST merupakan singkatan dari Power On Self Test yang berguna untuk melakukan pengecekan pada setiap perangkat keras komputer.

Dengan begitu, sistem bisa tahu apakah perangkat keras yang terpasang sudah bekerja dengan baik atau malah mengalami masalah. Selain itu, POST juga bermanfaat untuk mengetahui tingkat kecocokan sistem operasi yang diinstal dengan spesifikasi komputer yang digunakan.

2. Melakukan setting perangkat komputer

Fungsi yang kedua adalah BIOS bisa digunakan untuk mengatur perangkat komputer. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai perangkat komputer tersebut. Pengguna juga bisa mengatur perangkat komputer melalui BIOS sesuai yang diinginkan.

3. Memilih booting komputer

Dengan menggunakan BIOS, maka anda bisa mengatur kira-kira komputer anda akan booting melalui apa. Manfaat ketiga ini sering dipakai oleh mereka yang hendak menginstal sistem operasi. Langkah pertama yang harus mereka lakukan adalah mengatur booting BIOS dengan memilih apakah menggunakan flashdisk atau hendak menginstal OS melalui kaset.

Itulah cara setting BIOS agar booting dari flashdisk dengan mudah. Semoga tutorial diatas bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend