Download SD Card Formatter

Download SD Card Formatter 5.0.1

Download SD Card Formatter Developer: SD Association
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 6MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



SD Card Formatter adalah software untuk memformat kartu memori Secure Digital (SD), Secure Digital High Capacity (SDHC), dan Secure Digital eXtended Capacity (SDXC). Teknik pemformatannya diklaim sudah sesuai dengan standar industri yang ditetapkan oleh SD Association (SDA).

Penggunaan SD Card Formatter lebih dianjurkan daripada fitur pemformatan yang disediakan di dalam sistem operasi seperti Windows. Pasalnya, teknik pemformatan yang diterapkan oleh SD Card Formatter dioptimalkan untuk kartu memori, tidak seperti fitur pemformatan milik Windows yang didesain untuk berbagai jenis media penyimpanan sehingga berisiko menurunkan performa kartu memori.

Fitur-Fitur SD Card Formatter

Apa Itu SD Card Formatter?

Memilih kartu memori yang hendak diformat

Semua kartu memori yang anda hubungkan dengan komputer ditampilkan oleh SD Card Formatter di dalam menu drop-down “Select card”. Jika kartu memori masih belum muncul, klik tombol “Refresh”.

Mengidentifikasi kartu memori

Informasi mengenai jenis dan kapasitas kartu memori tercantum di dalam menu “Card information”. Logo yang ditampilkan juga mempermudah anda dalam mengidentifikasi jenis kartu memori. Dalam gambar screenshot di atas, logo SDXC menunjukkan bahwa kartu memori yang terdeteksi adalah kartu memori SDXC.

Tiga opsi pemformatan

Quick Format adalah salah satu pilihan di dalam SD Card Formatter yang akan menghapus informasi mengenai file apa saja yang tersimpan di dalam kartu memori, jadi file masih tetap ada sekalipun secara kasat mata sudah tidak terlihat lagi. Selama file-file tersebut belum overwritten (tertindih) oleh file-file baru, siapa saja dapat mengembalikannya dengan menggunakan software yang bisa memulihkan data.

Quick Format lebih dianjurkan daripada Delete untuk meminimalkan terjadinya kerusakan sistem file di dalam kartu memori.

Jika kartu memori tidak terbaca karena sebab tertentu atau jika anda ingin menghapus file secara permanen, tersedia opsi Overwrite Format. Opsi ini tidak sekedar menghapus file. Sistem file juga akan dikembalikan seperti asalnya sehingga kartu memori yang tadinya tidak terbaca bisa kembali normal (meskipun cara ini tidak selalu berhasil). Inilah sebabnya kenapa prosesnya lebih lama daripada Quick Format.

Download SD Card Formatter

Yang terakhir adalah opsi CHS Format Size Adjustment yang hanya tersedia untuk Windows dan hanya bisa digunakan untuk kartu memori yang kapasitasnya tidak melebihi 8032.5MB (8,422,686,720 bytes). Jika kapasitas memori anda tidak terbaca sebagaimana mestinya, misalnya kapasitas 8 GB hanya terdeteksi 1 GB, opsi pemformatan ini mungkin dapat memperbaikinya

SD Card Formatter dapat mengoptimalkan pemakaian kartu memori melalui pemformatan. Namun, SD Card Formatter juga memiliki keterbatasan yang perlu anda ketahui, yaitu tidak mampu memformat kartu memori yang diproteksi dengan fitur “BitLocker To Go” yang disediakan di dalam Windows. Proteksi tersebut harus dibuka terlebih dahulu sebelum anda menjalankan SD Card Formatter. Download SD Card Formatter terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend