Inilah 6 Tips Penting untuk Membersihkan Komputer dengan Tepat!

Membersihkan komputer atau laptop memang wajib dilakukan agar mereka tetap terjaga dan terawat. Debu dan kotoran adalah musuh terburuk bagi manusia,  apalagi saat debu tersebut menumpuk dan menempel pada komputer atau laptop kesayanganmu. Jika komputer milikmu mulai bekerja lambat dan melontarkan suara berisik atau sudah terlihat kotor, saatnya kamu mulai membersihkannya

Pentingnya membersihkan PC secara teratur akan berpengaruh juga pada awetnya komputer. Apalagi membersihkan PC ternyata hanya perlu waktu beberapa menit saja, lho! Kira-kira bagaimana caranya, ya? Yuk, simak tips pentingnya di bawah ini!

1. Bersihkan casing komputer

membersihkan komputer 2

sumber : nontonklik.blogspot.com

Langkah pertama dalam membersihkan komputer ialah tentukan tempat untuk meniup debu dari komputer. Jika kamu menggunakan penghisap debu untuk membersihkan bagian dalam komputer sebaiknya cari tempat yang tidak khawatir akan kotor seperti lakukan di luar rumah. Untuk itu kami akan memberikan tips cara membersihkan casing komputer dengan mudah!

  • Langkah pertama kumpulkan peralatan yang kamu butuhkan seperti penghisap debu kecil yang dapat masuk ke sela-sela sempit, alkohol 99%, sikat gigi, obeng plus, udara terkompresi.
  • Matikan komputer dan cabut semua periferal
  • Baringkan komputer ke sisi samping
  • Kemudian lepaskan panel samping
  • Dan lakukan penyedotan untuk membersihkan debu pada komputer
  • Gunakan udara terkompresi untuk meniup debu di sela-sela
  • Lalu bersihkan kipas dengan penghisap dan alkohol
  • Lepaskan juga komponen untuk pembersihan mendalam
  • Langkah terakhir tak lupa bersihkan bekas panas

2. Bersihkan Keyboard

membersihkan komputer 3

sumber : caramembersihkanappaun.com

Jari tangan adalah sumber penyakit yang cepat berpengaruh. Bayangkan saja saat keyboard debu-debu mulai menumpuk dan jari tanganmu menyentuh satu persatu dari keyboard  tersebut, hal itu  akan berpengaruh pada kesehatan lho! Nah mulai sekarang saatnya rutin membersihkan keyboard, ya guys!

Oh iya, untuk kamu yang jarang membersihkan perangkat komputer dan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada keyboard dan mouse. Setelah ini tak usah khawatir lagi! Karena saat ini sudah tersedia satu set keyboard dan mouse dari beberapa merk ternama seperti logitech wireless desktop mk270r dan Targus KM001, lho. Kamu bisa membelinya di e-commerce kesayanganmu!

3. Bersihkan Mouse

membersihkan komputer 4

sumber : jade202.blogspot.com

Ternyata mouse juga wajib kamu bersihkan, lho! Tidak cukup dengan membersihkan bagian depan menggunakan kain saja, ternyata bagian lensa dan bantalan karet wajib kamu bersihkan juga.

4. Membersihkan Monitor

membersihkan komputer 5

sumber : es.digitaltrends.com

Mungkin kamu atau banyak orang lain membersihkan layar monitor dengan menggunakan tisu, ternyata hal ini justru membuat layar monitor semakin kotor dan tergores. Maka dari itu kami akan memberikan langkah-langkah membersihkan layar monitor dengan benar!

  • Pertama matikan komputer dan pastikan monitor dicabut dari komputer, hal ini akan mencegah penumpukan statis.
  • Sediakan kain kering yang lembut atau gunakan kain microfiber, lalu mulai menggosok pada layar monitor fyi jangan mengorek atau mencungkil kotoran cukup gosokan memutar di layar monitor untuk mengangkat debu.
  • Siapkan larutan pembersih lalu semprotkan ke kain kemudian mulai gosokan pada layar monitor.

5. Bersihkan Motherboard

membersihkan komputer 6

sumber : Acer.id

Bagian motherboard juga penting kamu bersihkan. Sebab kalau tidak dibersihkan debu-debu yang menempel pada motherboard berfungsi kurang baik, contoh seperti fan processor. Jika debu yang menempel pada fan akan menyebabkan processor semakin panas dan komputer menjadi hang.

6. Bersihkan VGA card dan RAM card

membersihkan komputer 7

sumber : infospesial.net

Jika mempunyai komputer yang jarang dibersihkan maka akan memiliki tingkat debu yang tinggi. Debu-debu yang menebal tersebut membuat tertutupnya jalur-jalur pada VGA, RAM, dan PCB yang menyebabkan kendala pada lapisan jalur VGA dan RAM dengan slot motherboard. Hal tersebut akan menimbulkan komputer mu menjadi bekerja tidak seperti biasanya atau sistem menjadi hang dan tidak ada tampilan pada layar monitor mu.

Mungkin inilah beberapa cara sederhana membersihkan VGA dan RAM yang bisa kamu tiru!

  • Langkah pertama kamu bisa sediakan hapusan pensil, kuas halus dan cairan IPA (bisa temui di toko bahan kimia)
  • Kemudian lepaskan VGA dan RAM dari komputer
  • Celupkan kuas ke dalam cairan IPA, lalu bersihkan slot VGA card dan RAM card
  • Bersihkan juga jalur VGA card yang bertanda kotak hijau dengan penghapus pensil
  • Bersihkan jalur RAM card yang tidak bertanda kotak hijau dengan penghapus pensil
  • Finish! Pasang kembali VGA card dan RAM card ke motherboard.

Demikian tips – tips mudah untuk membersihkan komputer atau laptop kesayanganmu yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Send this to a friend