Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat Android dengan Mudah!

Akun Google atau lebih dikenal dengan akun Gmail/Google Mail merupakan layanan email yang disediakan oleh Google secara gratis. Layanan email yang diluncurkan pada 21 Maret 2004 ini menjadi sangat populer karena inovasi terbarunya yaitu menyediakan kapasitas email hingga sebesar 1 GB yang pada kala itu masih sangat jauh dari kata modern. Tampilan atau user interface dari Gmail ini sendiri memiliki antarmuka yang modern.

Akun Gmail yang dapat diakses secara gratis ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi penggunanya. Di antaranya yaitu dapat bertukar pesan (menerima dan mengirim) pesan dalam beragam format file, mengakses google drive, mudah dalam membuat akun-akun sosial media lainnya seperti blog, facebook, twitter, youtube dan lain sebagainya. Akun Google ini pula sangat bermanfaat bagi semua kalangan dan tingkat strata sosial. Mulai dari pekerja kantoran, dunia pendidikan, bisnis, hiburan, komunitas, hingga untuk pribadi sekalipun sangat cocok menjadi pilihan bagi semua orang.

Tidak heran apabila setiap orang memiliki akun Google lebih dari satu. Hal ini memungkinkan agar pengelolaan akun lebih rapi, sehingga tidak tercampur aduk dengan tujuan lain. Selain itu, akun gmail dari Google ini juga memudahkan kita sebagai pengguna smartphone untuk terhubung dengan mudah ke berbagai aplikasi atau fasilitas lainnya. Jadi, pengguna smartphone tidak perlu repot-repot untuk login satu per satu ke akun Google di setiap aplikasi yang ingin digunakan. Dengan kata lain, saat pengguna menambahkan akun Google ke smartphone, informasi yang terkait dengan akun tersebut akan otomatis disinkronkan dengan perangkat walaupun ada pengaturan untuk mematikan sinkronisasi tersebut.

Apabila terdapat tools yang dapat secara otomatis terhubung ke perangkat, maka ada pula tools untuk menghapus akun Google tersebut dari perangkat. Beragam macam alasan pula ketika akun Google terpaksa harus dihapus yaitu smartphone yang ingin dijual sehingga akun Google yang ada di perangkat memang harus dihapus terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar akun Google tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, alasan lainnya mungkin karena akun Google tersebut tidak terpakai lagi di perangkat pengguna.

Catatan:

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya sebelumnya, tutorial ini menjelaskan mengenai cara menghapus akun google yang terhubung ke perangkat android, bukan menghapus akun google itu sendiri. Jika yang anda inginkan adalah menghapus akun googlenya secara permanen, tutorialnya bisa anda simak disini.

Cara Logout atau Menghapus Akun Google dari Perangkat Android

Lalu bagaimana cara logout / menghapus akun Google di perangkat Android? Artikel ini akan membahas langkah-langkah bagaimana cara logout / menghapus akun Google di Android dengan sangat mudah tanpa harus melakukan factory reset atau mengatur ulang pengaturan pabrik. Yuk langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Settings atau Pengaturan di Android Anda.

cara logout / menghapus akun Google

2. Selanjutnya pilih Account & sync atau Akun dan Sinkronisasi.

cara logout / menghapus akun Google

3. Kemudian pilih Google untuk menghapus akun pada Google.

Langkah 3 - pilih Google

4. Silakan pilih akun Google yang ingin dihapus dari perangkat Anda. Perlu diingat, akun yang akan Anda hapus akan menghapus seluruh informasi terkait dari Android Anda.

cara logout / menghapus akun Google

5. Lalu pilih Remove account atau hapus akun seperti pada gambar di bawah ini. Pada beberapa Android, mungkin Anda tidak akan menemukan seperti tampilan di bawah ini. Anda dapat memilih ikon lainnya dengan tanda titik tiga lalu pilih hapus akun.

Langkah 5 - pilih Remove account

6. Selanjutnya akan ada konfirmasi terkait penghapusan akun pada perangkat Android. Silakan pilih Remove account atau hapus akun.

cara logout / menghapus akun Google

7. Tunggu hingga beberapa saat hingga proses menghapus akun berhasil. Akun yang Anda hapus sudah tidak ada lagi di pengaturan Google. Selesai.

Langkah 7 - berhasil

Sekian cara logout / menghapus akun Google di Android. Cara di atas yakni dapat menghapus sinkronisasi antara akun Google ke aplikasi terkait. Jika Anda telah menghapus akun Google dari perangkat, Anda juga dapat menambahkan kembali akun tersebut jika sewaktu-waktu akun tersebut ingin digunakan lagi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan info-info terbaru dan menarik seputar teknologi.

Leave a Reply

Send this to a friend