Ragu? Begini 4 Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu Secara Akurat, Untuk Semua Tipe!

Adalah hal yang wajar jika Anda sebagai pemilik dan pengguna HP menanyakan keaslian HP yang Anda miliki. Apalagi dengan merk yang satu ini, Xiaomi. Ponsel pintar besutan China ini merupakan salah satu merk yang memiliki penggemar yang banyak. Dari awal kemunculan Xiaomi, merk HP ini telah mencuri perhatian. Selain karena spesifikasi yang dimilikinya mampu menyaingi pasar smartphone, yang membuat heboh adalah harganya yang bisa dibilang jauh lebih murah dari perangkat lainnya yang memiliki kemiripan spesifikasi.

Walaupun harga yang ditawarkan Xiaomi terbilang murah, ada saja pihak yang berusaha menyerupai perangkat ini. Sebut saja perangkat KW/palsu. Perangkat tiruan dibuat semirip mungkin secara fisik dan tampilan. Namun, terdapat cara dimana Anda dapat membuktikan keaslian HP merk Xiaomi ini. Untuk membuktikan keraguan tersebut, Anda bisa mencoba cara-cara yang saya sediakan berikut ini.

Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu

Cara mengecek keaslian Xiaomi dapat dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari pengecekan IMEI hingga spesifikasi dan kesesuaian fungsi hardware. Berikut ini saya jelaskan beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek keaslian HP Xiaomi.

1. Verifikasi IMEI melalui Website Mi.com

Berikut ini langkah-langkah mengecek Xiaomi asli melalui website mi.com

1. Buka browser Anda. Masukkan link seperti yang ditunjuk pada gambar, atau Anda dapat langsung mengklik link ini.open i product authentication

2. Setelah itu, Anda akan langsung berada pada bagian Verify your phone purchase. Pada tampilan ini terdapat form input yang menyediakan masukan IMEI/Serial Number dan kode. Masukkan IMEI HP XIaomi Anda. Jika terdapat dua IMEI, Anda bisa memilih salah satunya. Kemudian, masukkan kode sesuai dengan yang diberikan. Lalu, klik tombol Verify.

cara cek xiaomi asli

3. Selanjutnya, Anda akan melihat langsung hasilnya. Pada hasil disebutkan nama HP Xiaomi beserta tipenya. Terdapat pula negara asalnya.

see the result if compatible

Jika Anda mendapati hasil yang muncul sesuai dengan HP Anda, maka bisa dipastikan bahwa HP Xiaomi Anda asli.

2. Melalui Situs IMEI.info

Selain situs resmi Xiaomi, ada juga situs khusus untuk mengecek IMEI HP. SItus ii berlaku untuk segala tipe HP. Bagai mana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Buka browser lalu ketikkan alamat seperti gambar di bawah ini. Atau Anda bisa langsung mengklik link ini.

link website

2. Setelah itu, pada tampilan seperti berikut, masukkan IMEI HP Xiaomi Anda. Anda bisa memasukkan yang mana saja bila Anda memiliki dua IMEI. Kemudian, selesaikan captcha hingga diberi ceklis. Lalu, lanjutkan dengan mengklik tombol CHECK.

cara cek xiaomi asli atau palsu

3. Selanjutnya, Anda dapat melihat hasilnya. Dari hasil IMEI Xiaomi yang saya masukkan, dapat menginformasikan merk, model dan IMEI, SNR, dan TAC HP. Namun, informasi mengenai spesifikasi kurang lengkap. Lebih kurangnya, yang dimunculkan oleh situs ini sesuai dengan HP Xiaomi saya.

see the result

3. Test Hardware Menggunakan Kode Dial Up *#*#64663#*#*

Salah satu cara mengecek keaslian HP Xiaomi adalah dengan mengecek kinerja hardware atau komponen-komponen perangkatnya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buka menu panggilan pada HP Xiaomi hingga Anda berada pada tampilan untuk memasukkan kode.

2. Masukkan kode *#*#64663#*#*. Saat Anda memasukkan kode terakhir, yaitu *, tampilan otomoatis akan membuka halaman hardware test.

dial up code

3. Terdapat banyak pilihan hardware yang dapat Anda uji disini. Anda dapat menguji bahkan semua hardware tersebut untuk memastikan bahwa HP Xiaomi Anda bekerja dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi.

cara cek xiaomi asli atau palsu dengan kode

4. Berikut ini salah satu komponen hardware yang saya buka. Saya dapat melihat IMEI HP saya di sini. imei info

Anda juga dapat melakukan test lainnya seperti bluetooth, Wi-Fi, SIM Card, LCD, Sensor, Sound, kamera, dan masih banyak lagi. Jika bekerja dengan bagus dan sesuai dengan spesifikasi HP Anda, maka Anda tidak perlu khawatir jika HP Anda palsu.

4. Pencocokan IMEI pada HP dan IMEI pada Dusbox

Nah, kalau cara ini adalah cara yang paling sederhana yang dapat Anda lakukan, yaitu mencocokkan IMEI HP Anda dengan IMEI dus box HP-nya. Sebelum mencocokkan IMEI HP terhadap dus box, Anda terlebih dahulu harus mengetahui IMEI HP Anda. Berikut ini salah satu cara mengecek IMEI HP.

1. Pilih menu Settings.click settings menu

2. Kemudian, scrolling pilihan hingga Anda mendapati System.select the system

3. Selanjutnya, pilih dan klik About Phone.

click about phone

4. Lanjutkan dengan memilih Status.select status

5. Pada bagian Status, Anda akan menemukan IMEI information. Klik pilihan tersebut hingga Anda mendapati IMEI HP Anda.

click IMEI information

6. Setelah itu, Anda dapat mengambil dusbox HP Anda dan periksa IMEI yang tertera pada dus box tersebut. Cocokkan dengan IMEI yang terdaat pada HP Anda. 

Keraguan Anda akan berkurang jika Anda menemukan kecocokan IMEI pada HP dan dus boxnya.

Begitulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek keaslian HP Xiaomi yang Anda gunakan. Anda dapat menerapkan salah satu bahkan semua cara untuk mengurangi keraguan terhadap HP Xiaomi Anda. Selamat mencoba. Beri tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend